Bisnis  

10 Cara dan Tips Jualan di FB Marketplace, Pasti Laku!

10 Cara dan Tips Jualan di FB Marketplace, Pasti Laku!

WACANADAILY.com – Di tengah maraknya perkembangan marketplace, FB atau Facebook masih menjadi salah satu media sosial pilihan berbagai kalangan. Selain itu, dilihat dari jumlah penggunanya yang besar, Facebook merupakan pasar yang cukup menjanjikan.

Tentu sebagai pemula bertanya-tanya bagaimana cara berjualan di FB marketplace?

Ya, sejak pertama kali diluncurkan, Facebook Marketplace telah berkembang pesat dan menjadi hub yang sangat aktif untuk transaksi bisnis online. Untuk itu, pada artikel selanjutnya kita akan melihat cara berjualan di FB Marketplace!

Apa itu Facebook Marketplace?

Facebook, situs web raksasa yang dibuat oleh Mark Zuckerberg, meluncurkan kembali layanan baru untuk membantu para profesional jejaring sosial.

Tepat pada tahun 2007, Facebook meluncurkan Marketplace, sebuah fitur baru yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas massal dalam hal jual beli. Facebook Marketplace adalah cara yang bagus untuk menjalankan penjualan dan posting pekerjaan.

Mengutip Mary Ku, Director of Product Management Facebook, Facebook Marketplace sebenarnya diciptakan untuk meningkatkan aktivitas jual beli melalui jejaring sosial.

Ia juga menambahkan bahwa Facebook Marketplace telah menarik lebih dari 450 juta pengguna sejak pertama kali diluncurkan.

Banyak pengguna yang terus mencari cara untuk berjualan di FB Marketplace. Setelah mencobanya, mereka juga mengatakan bahwa aktivitas trading mereka di FB dinilai menguntungkan karena sangat praktis untuk digunakan.

Pengguna juga dapat dengan mudah mengakses semua halaman marketplace melalui PC atau smartphone.

Aturan Penjualan di Facebook Marketplace

Meskipun Facebook telah mengeluarkan beberapa peringatan, ada beberapa peraturan penting untuk semua pengguna Facebook Marketplace. Beberapa aturan berjualan di Facebook Marketplace adalah:

Penjual dilarang keras menjual produk palsu atau mengubah informasi sensitif menjadi lelucon.

Layanan perdagangan dalam bentuk apa pun, hewan peliharaan, mata uang, dokumen sensitif, alkohol, cairan tubuh atau bagian tubuh, dan produk dewasa tidak diizinkan.

Penjual di marketplace Facebook tidak diperbolehkan menjual segala jenis alat kesehatan dan perawatan luka seperti kotak P3K, termometer, stetoskop, dll.

Semua penjual harus memastikan bahwa gambar produk yang dijual sesuai dengan lampiran deskripsi produk.

Deskripsi item atau utas tidak mengandung unsur diskriminatif yang meremehkan agama, ras, warna kulit, atau asal negara.

Keuntungan Berjualan di Facebook Marketplace

Dengan sistem Facebook yang semakin canggih, kini Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan saat berjualan melalui salah satu situs media sosial terpopuler. Sebelum kita menyelami cara berjualan di FB Marketplace, yuk simak ulasan berikut ini!

1. Jangkauan konsumen yang luas

Belakangan ini, media sosial menjadi sasaran empuk para penjual untuk memperluas jangkauan pasarnya. Dalam hal ini, Facebook sebagai salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak tentu dapat meningkatkan jumlah konsumen secara signifikan.

2. Penjual lebih mudah menarik perhatian pelanggan

Keuntungan selanjutnya dari menerapkan metode penjualan di FB Marketplace dengan benar adalah mudah untuk menarik perhatian pembeli.

Ini karena algoritme Facebook dapat menyarankan produk paling relevan yang dicari konsumen, meningkatkan interaksi, dan peluang membeli.

3. Mudah

Selain itu, berjualan di FB Marketplace sangat praktis, jadi siapapun bisa mencobanya. Salah satu alasannya adalah penjual hanya membutuhkan akun Facebook sebagai langkah awal. Ingin tahu bagaimana untuk melangkah lebih jauh? Simak ulasan kami selanjutnya!

Cara Daftar dan Jual di FB Marketplace

Jika Anda ingin menjual di Facebook, harap ikuti dengan cermat berbagai cara mendaftar di Marketplace FB di bawah ini.

Jika Anda baru mengenal Facebook, silakan daftar terlebih dahulu. Untuk melakukannya, buka situs web Facebook dan masukkan beberapa persyaratan data pribadi Anda seperti nama, tanggal lahir, nomor ponsel, jenis kelamin, dan kata sandi akun Anda.

Anda hanya perlu login jika sudah memiliki akun Facebook sebelumnya.

Setelah berhasil masuk ke halaman beranda Facebook, tekan opsi “Marketplace”.

Kemudian tekan “Jual sesuatu” dan pilih “Item untuk Dijual”.

Kemudian pilih kategori yang tepat untuk produk Anda dan jangan lupa sertakan foto-foto yang menarik.

Setelah Anda memilih foto, klik tombol “Terbitkan” dan produk siap digunakan!

Ini adalah petunjuk tentang cara mendaftar dan menjual di FB Marketplace khusus untuk Anda. Sangat mudah bukan?

Cara Jualan dan Tips Jualan di FB Marketplace to Sell

Hanya karena Facebook marketplace dapat menarik lebih banyak konsumen tidak berarti Anda secara otomatis menjual dengan baik. Jadi, di bawah ini adalah beberapa tips untuk membantu Anda menjual dengan baik dan cara menjual di FB marketplace.

1. Tulis deskripsi produk yang jelas

Membuat deskripsi produk sejelas mungkin harus dipelajari sebelum memasuki pasar sebagai cara berjualan di FB marketplace. Alasannya adalah deskripsi produk dapat menggantikan suara persuasif pembeli.

Oleh karena itu, Anda perlu mendeskripsikan produk Anda secara lengkap dari segi warna, jenis, ukuran, fitur, dan hal penting lainnya yang perlu diketahui oleh calon pembeli. Semakin jelas deskripsinya, semakin besar kemungkinan konsumen untuk membeli barang tersebut.

2. Tambahkan beberapa foto produk yang menarik

Menurut saya cara berjualan di FB Marketplace ini sangat penting karena merupakan foto produk pertama yang dilihat pembeli. Jadi, hadirkan foto produk yang cukup terang, jelas, spesifik dan otentik.

3. Pilih variasi produk yang sesuai.

Selain fotografi, penempatan variasi produk juga harus diperhatikan dengan matang. Pasalnya, jika produk A salah masuk ke dalam kategori produk B, bisa jadi konsumen akan kesulitan mencari produk A.

Produk tersebut kemudian tidak akan muncul ketika calon pembeli mencari kategori tersebut.

4. Sertakan Kontak

Minimnya jumlah pembeli juga bisa disebabkan karena ketidakjelasan nomor yang tertera untuk pesanan. Jadi, Anda perlu melampirkan sejumlah informasi kontak yang bisa dihubungi calon pembeli, serta cara berjualan di Facebook marketplace.

Ada beberapa kasus dugaan aktivitas penipuan yang terbukti di toko-toko tanpa nomor kontak.

5. Posting lebih dari 10 kali sehari

Cara berjualan di facebook marketplace selanjutnya adalah rajin memposting produk yang anda jual. Ketika seseorang rajin mempublikasikan suatu produk setiap hari, Facebook mengenali kehadirannya dan memudahkan untuk merekomendasikan produk tersebut kepada konsumen.

Tapi jangan lupa untuk jeda antar posting untuk menghindari dibaca sebagai spam.

6. Cepat tanggapi kotak masuk messenger pelanggan

Selain penyajian produk yang beragam, penting untuk diperhatikan bahwa interaksi antara penjual dan pembeli juga penting. Jadi, merespon pesan pelanggan dengan cepat adalah cara berjualan di FB marketplace.

Pasalnya, konsumen pasti akan menemukan toko yang paling cepat menjawab pertanyaan mereka. Jadi, jika Anda terbiasa mengabaikan pesan tersebut, Anda bisa kehilangan calon pembeli.

7. Gunakan Iklan Facebook

Jika Anda bingung bagaimana cara berjualan di FB marketplace agar laris manis, menggunakan iklan Facebook adalah salah satu solusinya. Namun cara ini membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk memastikan hasil penjualan yang menguntungkan secara maksimal.

Praktik penjualan di FB Marketplace ini biasanya menagih Anda berdasarkan jumlah audiens yang Anda targetkan. Istilah ini umumnya dikenal sebagai biaya per klik (CPC), sehingga semakin banyak jumlah klik, biaya pembayaran semakin menurun.

8. Berikan CTA ke Posting

Sebaiknya penjual menggunakan Call To Action (CTA) untuk semua postingan penjualan. Di FB marketplace, cara penjualan ini sangat penting untuk meningkatkan interaksi antara penjual dan pembeli.

CTA merupakan salah satu strategi pemasaran yang membuat pop-up yang mengarahkan pembeli ke halaman yang berbeda untuk mempermudah proses transaksi selanjutnya. Beberapa contoh CTA meliputi:

  • Kirim pesan: mengarahkan pembeli ke fungsi messenger
  • Hubungi Kami: Pandu konsumen melalui berbagai pilihan pertanyaan toko.
  • Hubungi kami sekarang: Arahkan konsumen ke halaman WhatsApp atau kontak penjual.
  • Pelajari lebih lanjut: pandu konsumen untuk menjelajahi halaman produk lebih detail

9. Jadilah Konsisten dan Tekun

Semua cara jualan di FB Marketplace dan jualan di atas sia-sia tanpa konsistensi dalam prosesnya. Oleh karena itu, Anda perlu menanamkan rasa percaya diri pada diri sendiri untuk tetap gigih dan tidak mudah menyerah apapun yang terjadi.

Kami juga menyarankan Anda untuk terus meningkatkan keterampilan copywriting Anda untuk mengalami peningkatan tingkat konversi di toko Anda.

Cara Jualan Online di Facebook

Selain melalui Marketplace, Anda juga dapat melakukan transaksi jual beli melalui Facebook Pages atau Grup. Berikut beberapa cara tambahan yang bisa Anda lakukan untuk berjualan online di Facebook, khusus untuk Anda.

1. Menggunakan halaman Facebook

Cara berjualan ini umumnya dianggap lebih mudah dan praktis karena mengharuskan penjual untuk melalui langkah yang sama seperti mengunggah foto.

Namun, jika Anda hanya menjual produk melalui halaman Facebook Anda, jangkauan pasar Anda juga akan menyempit.

2. Melalui grup Facebook

Cara berjualan online di facebook selanjutnya adalah melalui grup. Langkah-langkahnya juga sangat mudah. Yang harus Anda lakukan adalah masuk ke grup jual dan beli Anda lalu tekan tombol “Jual Sesuatu”.

Kemudian kami mengikuti langkah-langkah dasar seperti memberikan deskripsi produk, foto, dan informasi lainnya. Jika sudah cukup, Anda dapat mengklik “Berikutnya” untuk membuat produk tersedia untuk semua anggota grup.

Ulasan lengkap cara berjualan di FB marketplace bisa Anda ikuti. Kuncinya adalah mengutamakan kualitas produk dan layanan bagi pelanggan kami. Nah, setelah membaca penjelasan di atas, apakah Anda ingin mencobanya sekarang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *