5 Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Risiko Tuberkulosis

5 Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Risiko Tuberkulosis

Penting untuk melindungi diri Anda dari masalah kesehatan apa pun yang mungkin timbul. Hal ini terutama penting untuk penyakit dengan prevalensi tinggi di masyarakat, seperti tuberkulosis (TB/TB).

Asyahidatul Muchlisah Fitriana, konsul medis di Laboratorium Klinik Pramita, mengatakan pola hidup sehat merupakan salah satu cara agar masyarakat terhindar dari penyakit TBC.

Seperti diberitakan Merdeka.com, Fitriana mengatakan dalam siaran pers belum lama ini bahwa “hidup sehat sangat penting, terutama di era pandemi saat ini, karena dapat memberikan banyak manfaat bagi kita semua.”

“Salah satu manfaat pola hidup sehat adalah meningkatkan kualitas kesehatan dan produktivitas diri,” imbuhnya. “Dari minum air putih hingga berolahraga setiap hari, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk hidup sehat.”

Berikut 5 hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga pola hidup sehat, setidaknya untuk menghindari risiko terkena penyakit TBC. Dilansir Merdeka.com, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Aktif Secara Fisik

5 Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Risiko Tuberkulosis

Bahkan jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, ada baiknya Anda melakukan aktivitas fisik secara teratur untuk meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh Anda.

Anda juga bisa melakukan aktivitas fisik dengan cara sederhana, seperti berjalan kaki atau membersihkan rumah. Selain menyehatkan, olahraga dapat membantu mengurangi stres dan mengontrol kecemasan.

Makan Sayur dan Buah

5 Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Risiko Tuberkulosis

Sayur dan buah bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh. Kandungan makanan ini membantu tubuh untuk mencegah banyak penyakit masuk.

Setiap orang disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur sesuai kebutuhan. Untuk melakukannya, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengetahui bagian tubuh mana yang tepat untuk Anda.

Hindari Merokok

5 Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Risiko Tuberkulosis

Tembakau mengandung zat yang bersifat racun bagi organ tubuh. Merokok juga dapat memperburuk kondisi yang ada atau meningkatkan risiko Anda terkena penyakit, terutama kondisi pernapasan.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa merokok meningkatkan risiko tertular tuberkulosis paru. Merokok juga dapat memperburuk infeksi paru-paru akibat tuberkulosis.

Perokok aktif maupun perokok pasif rentan terhadap tuberkulosis.

Tidak Minum Minuman Beralkohol

5 Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Risiko Tuberkulosis

Bila dikonsumsi secara berlebihan, minuman beralkohol dapat menyebabkan beberapa penyakit. Beberapa di antaranya termasuk hepatitis, hati berlemak, kanker, anemia, dan TBC.

Pemeriksaan Kesehatan Rutin

5 Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Risiko Tuberkulosis

Pemeriksaan kesehatan, atau pemeriksaan medis, adalah tindakan pencegahan yang disarankan untuk menentukan kondisi yang mungkin Anda miliki atau untuk mencegah komplikasi untuk beberapa kondisi.

Mengetahui risiko penyakit sejak dini dan mengetahui kondisinya bisa menjadi cara untuk mengatasinya. Ini akan memungkinkan penyakit untuk diobati dengan cepat dan mencegah kondisi menjadi lebih buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *