5 Tips Mengatur Keuangan Pribadi yang Baik Secara Finansial

WACANADAILY.com – Tips mengatur keuangan pribadi yang sehat secara financial adalah salah satu solusi agar keuangan kamu tetap stabil hingga akhir bulan. Pada akhirnya, pengelolaan keuangan kamu selanjutnya akan menciptakan keseimbangan antara kebutuhan dan kebutuhan kamu.

Menarik? Yah, tidak perlu ragu. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatur keuangan kamu.

Tips Mengatur Keuangan Pribadi 

Setiap hari kita dihadapkan pada kebutuhan untuk berbelanja. Dari tagihan listrik dan PDAM hingga hiburan belanja online di e-commerce favorit Anda.

Dana yang kita alokasikan untuk masing-masing dapat diatur lebih baik dengan memahami tips mengatur keuangan pribadi. Baca lebih lanjut tentang tips mengatur keuangan umum ini.

1. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Sebelum Anda benar-benar membuat rencana keuangan bulanan yang tepat untuk Anda, pahami dulu apa yang Anda butuhkan atau inginkan.

Kebutuhan dasar

adalah setiap barang atau jasa yang perlu dipenuhi. Konsumsi dan pendidikan adalah contohnya.

Keinginan adalah

produk atau layanan yang bersifat tambahan dan dipenuhi hanya untuk kesenangan pribadi. Contohnya termasuk belanja untuk gaya hidup dan hobi.

Membedakan keduanya akan membuat pengelolaan keuangan Anda lebih mudah karena Anda tahu mana yang merupakan bentuk kewajiban dan dimaksudkan untuk memuaskan Anda.

2. Buat rencana keuangan – Mengatur Keuangan Pribadi

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan sebagai tips mengatur keuangan pribadi adalah dengan memiliki rencana keuangan. Anda dapat mengatur pengeluaran dan pendapatan bulanan Anda untuk memudahkan dalam memantau dan membuat rencana keuangan.

Meski tabungan Anda kecil, Anda tetap harus memiliki rencana keuangan. Jika Anda dapat menerapkan langkah ini lebih awal, efeknya akan lebih baik.

3. Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Berbelanja dengan menggunakan kartu kredit secara tidak bijaksana membuat pengeluaran Anda lebih banyak dan dapat mengakibatkan hutang jangka panjang. Jadi, pertimbangkan kembali menggunakan kartu kredit Anda untuk kebutuhan yang berbeda.

4. Investasi

Tips lainnya untuk mengatur keuangan pribadi Anda yang mungkin bisa diterapkan adalah dengan berinvestasi. Masih banyak inovasi teknologi finansial lainnya seperti saham dan aset, serta reksa dana yang bisa dipilih saat ini.

5. Sedia dana darurat – Mengatur Keuangan Pribadi

Penting juga untuk menyisihkan sebagian uang dari penghasilan Anda, sehingga Anda dapat melakukan langkah ini sebagai tips untuk mengatur keuangan pribadi Anda.

Tidak ada persyaratan berapa nominal yang harus Anda sisihkan setiap kali. Pastikan dana darurat ini tersedia saat Anda sangat membutuhkannya.

6. 50 20 30 rule

Anda juga dapat menerapkan metode alternatif untuk mengatur keuangan bulanan Anda yang lain dengan menggunakan 50 20 30 rule. Rencana tersebut dibuat oleh ekonom Universitas Harvard Elizabeth Warren.

Secara garis besar, konsep aturan 50 20 30 menceritakan bagaimana membagi rasio keuangan sesuai dengan persentase ketentuan tersebut.

50% – Persyaratan Dasar (wajib)

20% – Tabungan (Tabungan)

30% – Keinginan (KRW)

Konsep ini mengajarkan Anda untuk mengatur uang Anda secara ideal untuk kebutuhan utama Anda, aspirasi untuk hobi, dan tabungan untuk masa depan.

7. Pay later dan Cashback

Trik selanjutnya yang bisa Anda gunakan sebagai tips mengatur keuangan bulanan adalah fitur postpay dan cashback. Saat ini, hampir semua e-wallet dan platform e-niaga menawarkan fitur “beli sekarang dan bayar nanti” dan cashback.

Manfaatkan kedua fitur ini dengan bijak sebagai salah satu tips pengelolaan keuangan agar pengeluaran Anda tetap terkendali.

Satu hal yang benar-benar perlu dipertimbangkan ketika mencoba personalisasi adalah konsistensi. Jika Anda konsisten menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, tips ini akan sangat berguna dalam kehidupan Anda di masa depan. Ini bisa berguna!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *