Bisnis  

9 Ide dan Rekomendasi untuk Usaha Pertanian yang Menjanjikan

9 Ide dan Rekomendasi untuk Usaha Pertanian yang Menjanjikan

WACANADAILY.com – Ide dan rekomendasi untuk usaha pertanian yang menjanjikan – Sektor pertanian bukan hanya tentang persawahan atau kegiatan pertanian di persawahan.

Bahkan, bisnis pertanian juga secara bertahap menunjukkan tren positif dengan munculnya berbagai jenis bisnis pertanian.

Menerapkan bisnis di bidang ini juga cukup mudah. Modal usaha pertanian juga bervariasi dari kecil hingga besar.

Perkembangan budidaya tanaman menjadi semakin populer di masyarakat. Apalagi setelah masa pandemi, ketika aktivitas menjadi lebih terkonsentrasi di rumah. Jadi, apa saja contoh bisnis pertanian? Di bawah ini kita akan melihat daftar jenis usaha pertanian.

9 Ide Bisnis Pertanian yang Menjanjikan

Pada dasarnya, pertanian adalah usaha yang menyediakan kebutuhan dasar manusia, mulai dari makanan pokok hingga obat-obatan. Berikut adalah beberapa rekomendasi bisnis untuk sektor pertanian yang berpotensi menguntungkan dan menjanjikan.

1. Budidaya Tanaman Rempah

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya. Tak heran jika tanaman rempah berpotensi menjadi bisnis pertanian yang menggiurkan.

Produk rempah-rempah tidak hanya dibutuhkan untuk pasar lokal, tetapi juga dapat menjangkau pasar internasional, terutama dengan pemasaran online.

Modal usaha budidaya rempah juga bisa dimulai dengan biaya yang murah. Ada beberapa jenis tanaman rempah yang layak jual, seperti kemiri, cengkeh, kapulaga, akar wangi, merica, kayu manis, pala, dan lainnya.

Jika kamu dapat memperluas cakupan pasar dari bisnis ini, bisnis pertanian rempah-rempah kamu sangat mungkin untuk memberi kamu keuntungan yang besar.

2. Menanam Buah dan Sayuran Organik

Usaha buah dan sayur organik merupakan salah satu contoh usaha pertanian yang potensial. Tren bisnis ini tidak akan hilang karena orang selalu membutuhkan buah dan sayuran.

Untuk menarik perhatian pembeli, pupuk organik dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas buah dan sayuran.

Pasalnya, banyak orang yang semakin cermat dalam memilih asupan buah atau sayurnya. Oleh karena itu, jenis usaha pertanian ini dianggap sebagai peluang usaha yang menggiurkan.

Kamu dapat menargetkan kelas menengah untuk hasil yang optimal. Namun pastikan kualitas produk sesuai dengan harganya.

3. Bisnis Benih

Bibit tanaman juga dianggap sebagai bisnis pertanian yang menjanjikan. Banyak orang menjadi tertarik untuk memiliki taman kecil di rumah atau melakukan pekerjaan pertanian di rumah.

Salah satu jenis benih yang banyak dicari adalah benih sayuran seperti bayam, kangkung, dan tanaman lainnya.

Bisnis ini juga bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil, meskipun merupakan bisnis rumahan. Namun, sebelum memulai bisnis benih tanaman, kamu perlu memiliki beberapa pengetahuan terkait benih sehingga kamu dapat mengembangkan peluang di masa depan.

4. Usaha Pupuk Tanaman

Contoh sektor pertanian bermodal rendah selanjutnya adalah bisnis pupuk tanaman. Usaha ini bisa memberikan keuntungan yang tidak terduga, apalagi jika bisa menyediakan pupuk organik yang permintaannya semakin meningkat.

Jual pupuk bisa ke petani, penjual tanaman hias, atau siapa saja yang suka bercocok tanam.

Saat ini pupuk memiliki nilai jual yang cukup tinggi, terutama untuk pupuk campuran organik yang bermanfaat bagi kesuburan tanah. Jadi, pelajari cara membuat pupuk kandang dan kompos.

5. Usaha Tanaman Hias

Tanaman hias merupakan salah satu usaha pertanian yang bermodal menengah namun memiliki keuntungan yang tinggi. Bahkan ada banyak varietas tanaman yang memiliki nilai jual jutaan rupiah. Tren menanam tanaman hias juga meningkat sejak pandemi.

Banyak orang menghabiskan waktunya dengan berkebun di rumah. Maka wajar jika ada peluang bisnis tanaman hias kamu berkembang dan menghasilkan keuntungan. Beberapa tanaman hias populer seperti monstera, anggrek, kaktus mini, antler spike dan lainnya.

6. Hidroponik

Tanaman hidroponik menjadi solusi bagi siapa saja yang ingin bercocok tanam di lahan terbatas. Hidroponik tidak membutuhkan media tanam tanah untuk menumbuhkan tanaman. Inovasi yang menggairahkan ini pun turut meningkatkan tren bisnis hidroponik.

Bisnis budidaya tanaman hidroponik dianggap sebagai bisnis bermodal rendah dan sangat menguntungkan. Nilai jual tanaman hidroponik juga lebih tinggi dibandingkan tanaman yang menggunakan teknik tanam di tanah. Jadi keuntungannya juga cukup besar.

7. Budidaya Tanaman Obat

Selain rempah-rempah olahan, banyak tanaman di Indonesia yang juga dikenal khasiatnya sebagai obat. Secara khusus, konsumsi obat-obatan herbal semakin meningkat untuk menjaga kesehatan pascapandemi COVID-19.

Ada beberapa jenis tumbuhan yang biasa diolah menjadi obat tradisional. Harga jual tanaman obat juga cukup tinggi, apalagi jika menggunakan bahan dan pengolahan yang sangat sulit.

8. Bisnis Peralatan Pertanian

Selain menjual produk atau bahan, kamu bisa memulai bisnis pertanian dengan menawarkan berbagai alat pertanian.

Industri pengadaan mesin pertanian membutuhkan modal yang cukup besar, namun permintaan pasar terhadap usaha ini juga cukup tinggi.

Oleh karena itu, jenis usaha pertanian ini bisa menjadi pilihan bisnis yang menggiurkan.

9. Bertani Padi

Ide bisnis pertanian yang terakhir adalah menanam padi. Bisnis ini terdengar biasa saja karena tidak ada yang baru. Padahal beras merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Oleh karena itu, permintaan pasar terhadap beras juga selalu dinilai tinggi.

Meski modal untuk bercocok tanam padi relatif besar, namun keuntungan yang bisa diperoleh juga tinggi.

Ada beberapa proyek pertanian yang bisa kamu coba dan kembangkan. Tren budidaya tanaman dan bisnis pertanian di Indonesia dinilai akan terus berkembang.

Dengan demikian, pemanfaatan peluang yang ada secara optimal dapat memberikan keuntungan bisnis. Apakah kamu tertarik untuk memulai bisnis di bidang ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *