Bisnis  

Apa itu Brand Ambassador? Definisi, Tugas, Jenis dan Teknik

Apa itu Brand Ambassador? Definisi, Tugas, Jenis dan Teknik

WACANADAILY.com – Salah satu strategi perusahaan untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan menunjuk brand ambassador. Brand Ambassador adalah seseorang yang berperan besar dalam sebuah perusahaan karena menentukan sukses tidaknya pemasaran produk.

Inilah mengapa banyak perusahaan yang akhirnya berlomba-lomba mencari brand ambassador berkualitas terbaik.

Jadi, apa tugas seorang brand ambassador dan kompetensi apa yang harus mereka miliki? Apakah sama dengan Influencer dan Key Opinion Leaders (KOLs)? Anda dapat menemukan jawaban untuk semua pertanyaan Anda di artikel di bawah ini. Jadi dengarkan, ayo!

Apa itu Brand Ambassador?

Jika Anda berkecimpung di dunia bisnis, Anda mungkin sudah tahu apa itu brand ambassador. Arti dari Brand Ambassador adalah duta merek. Karena itu, ia dianggap sebagai figur promotor yang menandatangani kontrak dengan perusahaan sebagai ikon untuk merek tersebut.

Posisi brand ambassador sebagai ikon menghadirkan sejumlah tantangan, di antaranya membangun citra perusahaan yang lebih positif, memperluas jaringan pasar merek, dan meningkatkan nilai penjualan produk tertentu.

Secara umum, Brand Ambassador adalah orang yang dipekerjakan oleh bisnis sebagai promotor karena mereka memiliki jumlah pengikut di atas rata-rata. Salah satu alasan penting merekrut brand ambassador adalah untuk meningkatkan minat, citra, dan nilai penjualan.

Banyak konsumen saat ini memeriksa ulasan dari orang yang mereka kenal sebelum membeli suatu produk. Oleh karena itu, merekrut Brand Ambassador merupakan salah satu strategi terbaik perusahaan untuk membuat produknya populer di masyarakat.

Namun, pemilihan brand ambassador tidak boleh sembarangan. Contoh orang yang cocok sebagai brand ambassador antara lain YouTuber, public figure, penyanyi, millennial influencer, dan selebriti.

Pentingnya Brand Ambassador untuk Bisnis

Bahkan setelah Anda mengetahui apa itu Brand Ambassador, Anda mungkin bertanya-tanya apakah orang itu cukup penting bagi perusahaan Anda.

Salah satu alasan pentingnya sebuah perusahaan memiliki brand ambassador adalah untuk meningkatkan nilai jual dan keakraban produk di mata konsumen.

Kehadiran brand ambassador dapat menginovasi strategi pemasaran untuk meningkatkan permintaan. Singkatnya, Brand Ambassador berfungsi sebagai ikon merek sekaligus memperluas jaringan pemasaran merek.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa alasan penting mengapa kehadiran brand ambassador dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi perusahaan Anda.

Brand Ambassador dapat meningkatkan lalu lintas konsumen ke situs pemasaran perusahaan mereka. Karena brand ambassador selalu menyertakan link agar mudah ditemukan oleh calon pembeli.

Brand Ambassador dapat menjadi pilar dan pendukung penting bagi pertumbuhan perusahaan Anda. Ini karena mereka sering berisi ulasan positif tentang merek dan perusahaan yang memilikinya.

Brand Ambassador memainkan peran penting dalam membangun atau meningkatkan citra publik.

Jadi, jika sesuatu yang buruk terjadi dan mengancam citra perusahaan Anda, seorang Brand Ambassador dapat membantu Anda melikuidasi reputasi Anda dan memulihkan reputasi perusahaan Anda.

Tipe Brand Ambassador

Brand Ambassador biasanya diartikan sebagai ikon dari sebuah brand, namun dalam beberapa tahun terakhir ini muncul beberapa jenis brand ambassador, dibedakan berdasarkan jenis dan tugasnya.

1. Brand Ambassador Universitas

Seperti namanya, Brand Ambassador jenis ini berada dalam ranah dan ruang lingkup yang sempit dari badan mahasiswa. Dengan demikian, perusahaan yang menggunakan Brand Ambassador ini cenderung menargetkan mahasiswa hingga mahasiswa.

Brand Ambassador universitas adalah promotor yang tugasnya meningkatkan kesadaran merek di antara rekan-rekan. Ini biasanya dilakukan melalui pengenalan produk, distribusi sampel, pemasangan poster, pemasangan stan, dll.

2. Influencer Brand Ambassador 

Influencer Brand ambassador adalah seseorang yang dapat memiliki dampak yang lebih besar di mata publik dan menjangkau komunitas atau konsumen yang lebih luas.

Bisnis biasanya mempekerjakan influencer Brand Ambassador untuk melakukan semacam kolaborasi atau pemasaran produk dengan memposting konten media sosial influencer dalam jangka waktu yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Pengaruh komunitas yang dicapai oleh influencer Brand Ambassador bukanlah lelucon. Oleh karena itu, perusahaan cenderung memberikan protokol yang ketat dalam perjanjian kerja sama mereka sebelum ditandatangani.

Influencer Brand Ambassador biasanya mendapatkan produk berbayar dan gratis dari merek yang mereka promosikan.

Namun, jika seorang influencer kedapatan merusak atau merusak citra perusahaan, maka influencer tersebut harus memberikan sanksi sesuai kesepakatan.

3. Afiliasi Brand Ambassador

Afiliasi Brand Ambassador adalah promotor yang menggunakan pemasaran afiliasi untuk memungkinkan kedua belah pihak mencapai keuntungan yang signifikan dalam rantai proses pemasaran.

Bisnis biasanya merekrut influencer, seperti influencer dan blogger, untuk mempromosikan produk mereka dengan mendistribusikan tautan ke halaman penjualan mereka.

Dalam prosesnya, affiliate marketer akan langsung menerima komisi untuk setiap konsumen yang berbelanja melalui link tersebut.

Melalui proses ini, semua penjualan yang didukung oleh brand ambassador dapat dengan mudah dilacak karena dirinci dalam sistem.

Proses ini diyakini mudah karena perusahaan dapat membatasi biayanya dengan membayar hanya kepada afiliasi yang terdaftar.

4. Informal Brand Ambassador

Jenis Brand Ambassador berikut bersifat informal dan tidak mengikat: Untuk menjadi brand ambassador tipe ini sangatlah mudah. Ini berarti bahwa orang-orang dari semua lapisan masyarakat dapat secara tidak sengaja menjadi Brand Ambassador untuk sebuah merek.

Pada umumnya brand ambassador tidak resmi adalah penggemar yang merasa puas dengan merek tersebut dan merekomendasikan produk tersebut kepada teman atau kerabat dekat.

Meski tidak dikontrak dan dibayar, Brand Ambassador tidak resmi akan terus mempromosikan produk ini secara sukarela.

Tugas Brand Ambassador

Selama seseorang menjadi brand ambassador, ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

  • Pertahankan bahkan tingkatkan citra positif brand Anda di mata publik.
  • Kami menanggapi visi dan misi perusahaan yang memenangkan pesanan.
  • Aktif membuat konten untuk memasarkan produk
  • Peningkatan lalu lintas dan permintaan konsumen
  • Memimpin opini publik tentang merek promosi
  • Memberikan review atau review positif terhadap brand yang dipromosikan

Sebagai brand ambassador, ini adalah bagian dari kewajiban Anda saat menandatangani kontrak dengan sebuah perusahaan. Jika tugas Brand Ambassador ditemukan tidak dilaksanakan secara optimal, perusahaan dapat menjatuhkan sanksi kepada duta besar.

Keterampilan Penting

Jika ingin mencari brand ambassador terbaik, ada beberapa persyaratan dan kemampuan yang harus diperhatikan. Keterampilan yang harus dimiliki seorang Brand Ambassador adalah:

Memiliki jiwa kepemimpinan yang berani menyuarakan review

  • Membangun jaringan yang kompleks untuk cakupan pasar yang lebih luas.
  • Dampak besar di media sosial
  • Boleh kasih review positif, tapi jangan bau prasangka
  • profesional
  • Mereka yang memiliki pengetahuan dasar tentang dunia pemasaran
  • Semangat kreatif yang tinggi untuk membuat konten baru
  • kreativitas tinggi

Pemilihan brand ambassador suatu perusahaan tidak boleh sembarangan. Karena orang yang ‘terpilih’ menjadi icon atau wajah dari brand Anda. Jadi, pikirkan baik-baik tentang kandidat Anda sebelum memilih mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *