Bisnis  

Apa itu Giveaway? Apa artinya, Cara Pembuatannya, dan Pengaruhnya Pada Bisnis

Apa itu Giveaway? Apa artinya, Cara Pembuatannya, dan Pengaruhnya Pada Bisnis

Anda mungkin pernah mendengar istilah giveaway, atau apakah Anda sering menggunakannya? Ya, giveaway adalah salah satu contoh strategi promosi yang banyak diterapkan di berbagai bisnis. Tujuan utamanya adalah untuk menarik perhatian pelanggan baru.

Secara umum, giveaway memberi merek Anda lebih banyak pengakuan dari audiens Anda.

Bagaimana cara memenangkan hadiah yang disebut Strategi Pemasaran Ideal? Lihat ulasan selanjutnya.

Apa itu Gveaway?

Giveaway adalah penggunaan strategi pemasaran media sosial untuk mempromosikan merek Anda. Biasanya, Anda melakukan jenis pemasaran berikut saat mencoba meningkatkan jumlah prospek atau meluncurkan produk baru.

Dalam bahasa Indonesia, gratis berarti memberikan sesuatu secara cuma-cuma, sehingga konsepnya hampir identik dengan membagikan sesuatu.

Cara kerja giveaway adalah memberikan produk secara gratis dengan menetapkan kondisi tertentu. Setelah pandemi, kegiatan pemasaran berikut semakin banyak dilakukan:

Di sisi lain, produk yang termasuk dalam giveaway dibuat agar sesuai dengan merek dan menjadi hadiah bagi konsumen.

Audit dalam format berikut dapat dikirim atau diteruskan ke alamat audiens.

Pada dasarnya, giveaway adalah taktik brand untuk mencapai tujuan pemasarannya, seperti mempromosikan produk baru, memperkuat citra perusahaan, dan secara aktif berkomunikasi dengan audiens.

Tujuan dan Manfaat Giveaway

Mengorganisir giveaway bukan hanya tentang memperkenalkan produk atau layanan bisnis baru kepada konsumen, ini tentang mengumpulkan data terkait pelanggan sebagai bahan penelitian untuk mempersiapkan rencana pemasaran Anda berikutnya.

Giveaway juga merupakan cara paling efektif untuk menunjukkan apresiasi kepada pelanggan yang sudah ada karena telah membantu menjalankan bisnis Anda.

Dengan melakukan tindakan seperti:

Karena giveaway biasanya diadakan dalam waktu singkat, ini adalah strategi pemasaran yang dapat menghasilkan pengembalian cepat.

Merek biasanya hanya mengadakan acara berikut selama beberapa hari hingga sekitar dua minggu.

Jadi, salah satu manfaat giveaway adalah dapat menghemat uang merek Anda untuk memasarkan produk baru atau aktivitas bisnis lainnya.

Biasanya pihak penyelenggara hanya perlu menyiapkan barang-barang yang akan dibagikan.

Berikut adalah beberapa manfaat lain dari giveaway yang harus Anda ketahui dalam hal ini:

1. Mendapatkan Leads

Leads dapat dipahami sebagai pelanggan potensial yang telah dipengaruhi oleh produk atau layanan perusahaan Anda. Secara umum, istilah-istilah berikut ini berlaku untuk strategi digital marketing:

Ketika berbicara tentang strategi digital marketing agresif menggunakan platform pemasaran online seperti media sosial, giveaway adalah salah satu cara paling efektif untuk memenangkan Leads.

Giveaway memungkinkan Anda untuk menghubungi calon pelanggan melalui beberapa data, seperti kontak telepon, email, atau akun media sosial, yang disediakan saat berpartisipasi dalam pemilihan aktivitas Anda selanjutnya.

Data kontak yang diterima ini memungkinkan merek untuk memberikan informasi terkait produk secara teratur melalui buletin atau bentuk pemasaran lainnya.

2. Meningkatkan Kinerja Media Pemasaran

Giveaway merupakan teknik digital marketing yang tidak hanya berguna untuk mendapatkan lead, tetapi juga dapat meningkatkan traffic ke website atau akun bisnis online perusahaan Anda, seperti Instagram di media sosial.

Karena giveaway biasanya memerlukan persyaratan untuk mengikuti atau mendaftarkan akun konsumen di media sosial dan di situs web perusahaan, dua platform pemasaran berikut akan memiliki tingkat lalu lintas tinggi selama acara ini:

3. Dorong Brand Awareness dan Engagement

Ketika berbicara tentang pemasaran media sosial, Awareness merek dan keterlibatan adalah dua faktor yang tidak dapat ditinggalkan. Terkadang tingkat keberhasilan dalam memasarkan suatu produk diukur dari dua aspek:

Jadi, jika Anda ingin mencapai tingkat Awareness merek yang tinggi, giveaway adalah strategi pemasaran yang paling dapat diandalkan dalam jangka pendek.

Pada dasarnya, giveaway adalah cara untuk meningkatkan Awareness merek dengan membangun komunikasi dan hubungan dengan pelanggan potensial dan yang sudah ada.

Sementara itu, untuk mendukung brand engagement, giveaway memainkan peran penting dalam membantu bisnis lebih memahami keinginan dan minat konsumen sehingga bisnis mereka dapat berkembang dengan cara yang memenuhi harapan pelanggan di masa mendatang.

Cara Mengadakan Giveaway

Acara giveaway tidak hanya memilih konsumen dan memberikan hadiah, tetapi juga mencakup riset pelanggan dan penyampaian informasi yang transparan. Untuk lebih memahami cara penerapannya, berikut penjelasan lebih lengkapnya:

1. Menentukan Tujuan dan Jenis Giveaway

Kami menyarankan Anda menentukan tujuan penerapan Anda sebelum menjalankan giveaway Anda. Biasanya, perusahaan ingin meningkatkan penjualan produk baru atau meningkatkan kesadaran merek.

Tanpa tujuan yang jelas, giveaway bisa berjalan tidak efisien dan bahkan gagal.

Ketika ini terjadi, perusahaan tidak memperoleh keuntungan, tetapi pada kenyataannya menderita kerugian.

Selain tujuannya, Anda harus merencanakan untuk menawarkan jenis giveaway berikut: Strategi digital marketing memiliki dua varian kegiatan berikut yang sering diadakan oleh merek besar: hadiah mereka sendiri dan hadiah sponsor.

Self-Gifts adalah kegiatan promosi secara mandiri yang dilakukan oleh merek dan individu, seperti pemilihan produk, penentuan persyaratan, dan pengelolaan proses pemilihan pemenang.

Sponsorship giveaway adalah sejenis promosi yang dilakukan dengan bantuan promotor pada acara khusus.

Contoh giveaway termasuk mendistribusikan produk perawatan wajah yang baru diluncurkan, menyediakan layanan terjemahan gratis, bermain game dengan penonton, dan memberi hadiah saldo dompet digital.

2. Pilih Giveaway yang Tepat

Karena giveaway mengharuskan hadiah atau layanan ditawarkan secara gratis kepada pemenang, langkah selanjutnya adalah memilih giveaway yang sesuai dan menarik.

Tawarkan giveaway yang sesuai dengan promosi Anda agar konsumen tidak kehilangan kepercayaan terhadap merek Anda. Perhatikan juga berat produk dan proses pengiriman untuk memastikan sampai tepat waktu.

3. Menyusun Persyaratan

Tentunya yang terpenting dalam pelaksanaan giveaway adalah merumuskan syarat-syarat penentuan pemenangnya. Anda perlu menjaga terminologi tetap sederhana dan mudah diikuti oleh audiens Anda.

Beberapa persyaratan yang umumnya berlaku saat menjalankan giveaway adalah membagikan unggahan Anda di akun media sosial Anda, menyukai dan mengomentari foto atau video, dan mengikuti akun media sosial perusahaan Anda.

4. Terapkan Strategi Digital Marketing

Biasanya, merek menggunakan media sosial seperti Instagram untuk menawarkan hadiah. Oleh karena itu, Anda memerlukan strategi digital marketing  yang mencakup elemen digital marketing seperti hashtag dan copywriting yang menarik.

Tagar pada dasarnya adalah bentuk pengkategorian konten di media sosial. Kehadiran elemen-elemen berikut sangat memudahkan merek dan konsumen untuk menemukan produk atau layanan tertentu.

Oleh karena itu, hashtag terbaru dianalisis dan dimanfaatkan agar konten giveaway dapat menyebar ke target audiens, dan memiliki banyak pengikut dan konten.

Jika sebuah tagar memiliki banyak pengikut atau pengunggah, Anda dapat menyimpulkan bahwa konsumen lebih tertarik pada kata kunci produk itu daripada yang lain.

5. Pilih Pemenang

Cara terakhir untuk mengimplementasikan giveaway adalah dengan memutuskan bagaimana pemenang akan dipilih. Biasanya, merek memilih secara manual atau menggunakan aplikasi seperti Random Name Picker, Lucky Wheel, dll.

Kelebihan dan Kekurangan Giveaway dalam Bisnis

Karena dilaksanakan dalam waktu singkat dan jumlah pemenang terbatas, hadiah adalah metode pemasaran di mana kelebihan dan kekurangan ada bersama-sama. Terkait hal tersebut, berikut informasi lengkapnya.

Kelebihan Giveaway

Padahal, giveaway memiliki banyak keuntungan, terutama dalam proses peningkatan kinerja merek media sosial. Namun, strategi berikut menawarkan lebih dari itu, tetapi juga sejumlah manfaat, termasuk:

1. Mendukung Penyebaran Iklan Marketing

Saat ini, ketika sebuah merek meluncurkan produk baru, media pemasaran seperti iklan sering muncul di media sosial. Alasannya sederhana dan biaya promosi rendah serta wilayah distribusi yang lebih luas.

Namun, dalam beberapa kasus, bahkan dengan aplikasi terbaru seperti Instagram atau TikTok, kinerjanya masih relatif buruk. Ini karena kurangnya keterampilan social media marketing.

Dalam hal ini, giveaway memberikan cara untuk mendorong distribusi iklan yang lebih luas dengan mendorong konsumen yang sudah ada atau calon konsumen untuk berpartisipasi dalam mempromosikan produk baru melalui ketentuan yang berlaku.

2. Dukungan untuk Mendapatkan Konsumen Baru

Hadiah adalah alat pemasaran yang sama dengan media sosial yang tidak hanya membantu merek memenangkan prospek, tetapi juga memberi mereka tampilan citra, profil, dan kredibilitas perusahaan yang lebih modern.

Aspek-aspek berikut akan menguntungkan perusahaan Anda, terutama jika target audiens yang Anda tuju adalah Milenial atau Gen Z.

3. Mengumpulkan Database

Sebagai pelaku bisnis, memiliki database konsumen sangatlah penting. Pemberian giveaway bisa menjadi salah satu cara untuk mengumpulkan database Anda. Saat menawarkan hadiah, kami dapat meminta konsumen untuk memberikan data pribadi seperti usia, jenis kelamin, alamat, pekerjaan, kebiasaan berbelanja, dan data lain yang dapat mendukung bisnis.

4. Promosi Produk Baru

Jika Anda berencana untuk meluncurkan produk baru, Anda dapat memperkenalkan produk tersebut melalui hadiah gratis. Gunakan produk baru sebagai hadiah. Dengan begitu, konsumen akan mengetahui produk Anda. Giveaway juga sangat efektif untuk menjadikan produk Anda topik pembicaraan di kalangan konsumen.

5. Meningkatkan Traffic Website

Giveaway dapat meningkatkan traffic website bisnis online Anda. Mereka akan berduyun-duyun ke situs web untuk berpartisipasi dalam hadiah. Jadi, pastikan situs web Anda aktif dan berjalan saat Anda menjalankan program giveaway. Sebaliknya, atur satu orang untuk mengawasi pergerakan situs web Anda. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa setiap keluhan yang terkait dengan situs web dapat segera ditangani.

6. Meningkatan Follower di Media Sosial

Media sosial telah menjadi salah satu alat penting untuk berbisnis. Semakin banyak pengikut yang Anda miliki, semakin mudah untuk mempromosikan produk Anda.

Manfaat lain dari giveaway adalah Anda dapat meningkatkan pengikut Anda di media sosial. Salah satu taktik efektif untuk meningkatkan pengikut media sosial Anda adalah dengan meminta peserta giveaway Anda untuk mengikuti atau mengikuti Anda di media sosial.

7. Pertahankan loyalitas konsumen lama

Anda perlu mempertahankan konsumen yang sudah ada. Jangan sampai mereka berpaling dan mencari merek lain. Dalam hal ini, giveaway bisa menjadi cara untuk mempertahankan loyalitas konsumen lama.

Anda dapat memberikan hadiah kepada konsumen dan mendapatkan umpan balik. Misalnya, tas jinjing atau mug ditawarkan kepada konsumen yang memberikan opini tentang produk A. Contoh lain adalah memberikan hadiah kepada konsumen yang telah setia selama satu atau dua tahun, misalnya.

8. Meningkatkan Penjualan

Gratis akan membuat orang tahu tentang produk Anda. Mereka akan tertarik untuk mengunjungi website Anda dan membeli produk yang sudah ada. Karena itu, giveaway juga secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan.

9. Terbuka Peluang kerjasama (Kolaborasi)

Secara umum, setiap merek harus memiliki akun media sosial di platform yang disukai banyak orang saat ini. Jadi peluang untuk berkolaborasi dengan pengusaha lain sekarang dimungkinkan.

Kolaborasi melalui acara giveaway dapat memberikan pemenang dengan beberapa produk dari masing-masing merek dalam satu paket. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan bantuan sorotan dari audiens mitra Anda.

10. Memperkenalkan produk kepada masyarakat

Memberikan giveaway kepada orang yang baru memulai bisnis bisa menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan merek Anda kepada khalayak yang lebih luas. Orang cenderung memberikan apa yang telah digunakan atau dikenal luas. Pemberian hadiah berupa merchandise yang dihasilkan oleh perusahaan Anda dapat membantu masyarakat mengetahui tentang produk Anda.

Semakin banyak orang yang memenangkan hadiah, semakin banyak orang tahu tentang merek dan produk Anda. Orang yang menyukai produk berharap untuk membelinya di masa depan.

Kekurangan Giveaway

Walaupun memiliki banyak kelebihan, tidak dapat dipungkiri bahwa giveaway masih memiliki beberapa aspek yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan. Untuk lebih memahami sisi negatifnya, berikut beberapa infonya.

1. Gagal Menarik Konsumen Baru

Meskipun merupakan taktik pemasaran yang menarik, hadiah sebenarnya merupakan acara sementara bagi sebagian besar audiens.

Sampai acara berikutnya berlangsung, semua pengikutnya pasti akan memenuhi persyaratan mereka.

Namun, ketika pemenang benar-benar diumumkan, merek biasanya memiliki lebih sedikit pengikut atau tidak ada prospek.

Berikut ini, tentu saja, fenomena yang ingin dihindari oleh semua penyelenggara giveaway.

Satu saran, saat memberikan hadiah, merek harus selalu menggunakan fitur media sosial untuk terlibat secara aktif dengan audiens mereka.

Untuk menjaga antusiasme peserta hingga pengumuman pemenang, kami melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

2. Munculnya Perlakuan Curang

Giveaway adalah promosi dengan jumlah pengikut yang tidak terbatas, seringkali berkisar dari ribuan hingga jutaan pengikut. Ini terutama benar jika Anda melakukannya untuk merek besar.

Dengan jumlah pengikut atau audiens yang besar, merek seringkali kesulitan untuk memastikan persyaratan yang ditentukan untuk setiap akun media sosial.

Dalam hal ini, kemungkinan penipuan cukup tinggi ketika memilih pemenang. Apalagi jika pemilihan dilakukan hanya melalui aplikasi.

Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan cara untuk memastikan kebutuhan Anda sebanyak mungkin dengan penawaran Anda kepada merek.

Pada dasarnya antusiasme penonton untuk mengikuti giveaway sangat tinggi dan jika sistem implementasi tidak pada tempatnya akan merugikan perusahaan, apalagi jika terjadi penipuan.

3. Rentan Terhadap Penipuan

Kelemahan terakhir dari giveaway adalah mereka rentan terhadap penipuan. Dengan kata lain, telah terjadi beberapa tindak pidana penggunaan rekening palsu atas nama merek atau orang tertentu dengan menyamar sebagai hadiah.

Tindakan berikut sangat berbahaya dan memerlukan kehati-hatian karena meminta informasi atau informasi pribadi, atau informasi yang dapat disalahgunakan jika diterima oleh orang jahat.

Oleh karena itu, sebagai penonton, Anda harus melakukan riset sebelum memasuki salah satu hadiah. Secara khusus, Anda harus berpartisipasi dalam acara yang mengatasnamakan merek besar atau atas nama selebriti, seperti influencer tertentu.

Nah, itulah pembahasan tentang apa itu giveaway, untuk apa, dan bagaimana menggunakannya untuk tujuan Anda.

Jika Anda memiliki bisnis baru, langkah ini dapat membantu Anda menarik konsumen baru.

Giveaway sebenarnya menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling efektif dalam bisnis dan banyak diterapkan.

Tetapi jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang konsumen mengenai kebutuhan mereka. Anda kemudian dapat melakukan riset untuk menentukan strategi bisnis yang paling tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *