Bisnis  

Cara Berjualan di Shopee untuk Pemula Agar Mendapatkan Pembeli

Cara Berjualan di Shopee untuk Pemula Agar Mendapatkan Pembeli

WACANADAILY.com – Kecanggihan teknologi memungkinkan untuk melakukan banyak hal secara online, termasuk berjualan. Tak heran berbagai kemudahan yang ditawarkannya membuat masyarakat memilih berbisnis online di pasar seperti Shopee.

Berjualan di Shopee juga terbilang mudah, jadi siapa saja bisa melakukannya.

Namun jika kamu masih bingung, lihat panduan kami tentang cara menjadi penjual di Shopee pada artikel berikut.

Cara Berjualan di Shopee untuk Pemula

Berikut cara menghasilkan uang dengan berjualan di Shopee untuk pemula.

1. Pendaftaran Akun

Cara pertama berjualan di Shopee melalui HP adalah dengan mendaftar akun. Jika kamu sudah memiliki akun lama, kamu dapat melewati proses ini. Namun, beberapa orang memilih untuk membuat akun kedua untuk mempermudah pengorganisasian toko mereka.

Pendaftaran akun diawali dengan terhubung Shopee lewat web atau aplikasi. Selanjutnya masukan nomor telpon kamu , e-mail dan ikuti panduan yang tertera. Pastikan nomor dan email terdaftar kamu aktif karena langkah ini memerlukan proses verifikasi.

2. Isi profil penjual

Setelah verifikasi, kamu dapat mulai membuat profil merchant melalui aplikasi atau Merchant Center Shopee. Shopee Seller Center adalah fitur yang dibuat untuk memungkinkan penjual menjalankan tokonya melalui komputer.

Saat kamu melalui Shopee Seller Center, kamu bisa memulainya dengan membuka halaman Shopee Seller Center. Klik “Simpan Profil”. Sebelum mengisi kolom “Deskripsi”, isikan dulu “Image Description” dan “Store Name”.

Manfaatkan fitur deskripsi gambar dengan mengunggah foto yang mewakili toko kamu.

Sedangkan cara berjualan di Shopee melalui aplikasi bisa dimulai dengan membuka aplikasi, masuk ke fungsi “Saya”, pilih “Toko Saya” dan klik “Asisten Penjual”.

Pilih opsi Store Profile, lalu masukkan nama toko, deskripsi gambar, dan deskripsi toko kamu. Klik tanda centang di sudut kanan atas untuk menyelesaikan proses.

3. Unggah produk ke toko

Setelah melalui langkah-langkah sebelumnya, langkah ketiga adalah mengunggah gambar produk yang ingin kamu jual.

Mulailah dengan mengakses halaman Shopee. Pilih fitur “Saya”, lalu pilih “Mulai Jual”. Kemudian klik “Tambah Produk Baru”. Harap unggah foto produk yang sesuai.

Pada tahap ini, kamu juga akan diminta untuk melengkapi layanan pengiriman dan pemilihan lokasi penjual. Setelah selesai, klik “Simpan dan Lihat”.

Jangan lupa bahwa semua penjualan Shopee melalui HP dapat dilakukan dari perangkat kamu. Mudah, bukan?

4. Manfaatkan program pengiriman gratis

Ada program gratis ongkir Shopee yang pasti menguntungkan pembeli dan penjual. Namun, ada beberapa kriteria untuk toko kami untuk menerima pengiriman gratis.

  • Toko masih memiliki pembeli dari minggu lalu.
  • toko tidak pada hari libur
  • Toko memiliki satu atau lebih produk dan memiliki satu atau lebih produk dalam persediaan.
  • Toko memilih opsi layanan pengiriman seperti Shopee Express Sameday, Shopee Express Standard, J&T Express, SiCepat REG atau Ninja Express.
  • Toko tidak pernah terbukti melakukan pelanggaran dan akan menerima maksimal 3 poin demerit.

Berikut cara berjualan di Shopee menggunakan program pengiriman gratis yang dilansir di halaman resmi Shopee:

  • Klik “Gratis Pengiriman” di halaman beranda aplikasi Shopee.
  • Pilih opsi “Pengiriman Gratis” dan daftar.
  • Masukkan informasi pribadi dengan foto yang berisi nomor registrasi penduduk dan ID
  • Baca dan setujui syarat dan ketentuan yang tertera.
  • Kamu dapat mengakses program pengiriman gratis dari Shopee.

Cara Jualan di Shopee Tanpa Modal dan Saham

Selain langkah-langkah cara berjualan di Shopee secara umum, berikut penjelasan yang kurang penting: Cara Jualan di Shopee tanpa Inventory Barang.

Pernahkah kamu mendengar istilah dropshipper? Dropshipping adalah sistem penjualan dimana penjual tidak memiliki barang yang akan dijual, tetapi mendatangkannya dari penjual lain.

Jadi bisa dikatakan menerapkan sistem dropshipping menghilangkan kebutuhan modal dan persediaan barang.

Penjelasan mengenai sistem dropship secara umum dapat diulas lebih lanjut oleh Wacanadaily dalam artikel tentang apa itu dropship beberapa waktu lalu. Namun, dalam ulasan di bawah ini, kamu dapat melihat bagaimana Shopee melakukan sistem drop-off.

Bagi yang tidak ingin menimbun merchandise, cara berjualan di Shopee tanpa modal dan tanpa stok ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pastikan toko online yang akan bermitra dengan kamu memiliki reputasi yang baik sebagai dropshipper melalui review atau saran yang ada di toko tersebut.
  • Setelah itu, posting produk untuk dijual di media sosial atau platform lainnya
  • Kunjungi toko online kami untuk memesan dari aplikasi Shopee.
  • Pemilihan produk dan varian yang dipesan oleh pelanggan
  • Kemudian klik “Pesanan Saya”.
  • Di bagian ini, pilih opsi “Kirim ke Dropshipper”.
  • Cara berjualan di Shopee tanpa stok barang terakhir adalah dengan melampirkan identitas diri seperti nama pengirim dan nomor telepon pengirim.

Strategi untuk Berjualan di Shopee Supaya Laris

Setelah memahami step by step cara berjualan di Shopee, bagaimana strategi yang baik untuk meningkatkan penjualan?

1. Pertimbangan ekonomi

Konsumen lebih menyukai harga yang lebih rendah, jadi pertimbangkan hal ini saat menentukan harga produk kamu. Apalagi jika segmen pasar kita adalah pembeli yang sensitif terhadap harga.

Sebelum kami menawarkan harga terbaik kepada konsumen, kami mungkin meneliti produk dan pemasok kami. Jadi mengetahui ini dapat memberi kamu wawasan yang lebih baik tentang harga pasar.

2. Berikan informasi produk yang akurat

Dalam deskripsi produk, harap sertakan informasi rinci tentang jumlah produk, tujuan, komposisi, dan informasi penting lainnya.

Hal ini penting untuk memastikan bahwa konsumen memiliki semua informasi yang mereka miliki segera ketika mereka mengunjungi toko kami.

Jika calon pembeli perlu memeriksa situs web kamu atau toko lain saat mereka mengunjungi toko Anda, kamu kehilangan kesempatan untuk membuat keputusan pembelian di tempat.

3. Gunakan fitur peningkatan produk

Fitur ini dapat digunakan untuk meningkatkan visibilitas produk kamu. Karena kami dihadapkan pada banyak konsumen, kami berharap konsumen akan cepat mengenali produk kami dan mengunjungi toko untuk menambahkannya ke keranjang belanja mereka.

Fitur upgrade produk dapat digunakan untuk 5 produk sekaligus selama 4 jam. Pilih produk terbaik dan dapatkan lebih banyak kunjungan toko.

4. Perluas keragaman produk

Ketika memutuskan untuk membeli suatu produk, konsumen di toko online terlebih dahulu memilih toko dengan variasi produk yang cukup banyak.

Perhatikan ini dan pastikan pilihan produk kamu seperti warna, ukuran, jenis, dll selalu tersedia agar calon pembeli tidak beralih ke toko lain.

5. Buat Sertifikat Hadiah Toko

Sertifikat Hadiah Toko diberikan sebagai bonus kepada pelanggan yang telah mencapai tingkat pembelian tertentu. Hal ini dapat merangsang pembeli untuk membeli lebih banyak barang untuk mendapatkan voucher toko.

Selain itu, voucher disimpan di kotak checkout dan dapat diberikan kepada pembeli dalam bentuk stiker, sehingga pembeli dapat lebih mengingat nama toko.

6. Promosikan di media sosial

Cara berjualan yang tidak kalah penting di Shopee adalah memastikan produk kita tidak berhenti di aplikasi. Beri tahu lebih banyak orang tentang toko dan produk toko kami, dan kami dapat mencapai lebih banyak penjualan.

7. Ikuti tren sibuk saat ini di media sosial.

Nah, cara atau cara berjualan di Shopee yang paling penting adalah memahami selera pasar kamu. Oleh karena itu, penjual harus selalu memantau perkembangan media sosial dan segera melakukan penyesuaian yang dianggap perlu jika ada tren baru terkait segmen pasar.

Panduan pemula untuk berjualan di Shopee yang bisa kamu ikuti. Setelah pembukaan toko yang sukses, pastikan untuk menerapkan strategi di atas agar pesanan tetap masuk, bukan? Gairah untuk uang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *