Bisnis  

Cara Berjualan di Tokopedia untuk Pemula, dari Awal Sampai Laris

Cara Berjualan di Tokopedia untuk Pemula, dari Awal Sampai Laris

WACANADAILY.com – Di era digital ini, ada banyak cara untuk berjualan secara online tanpa harus membangun toko. Salah satunya melalui Tokopedia. Seperti di pasar lain, berjualan di Tokopedia juga sangat praktis.

Selain itu, Tokopedia saat ini semakin populer di Indonesia. Jika kamu tertarik tetapi masih bingung bagaimana cara berjualan di Tokopedia, berikut ulasan kami tentang cara memulai dari awal.

Cara Berjualan di Tokopedia untuk Pemula

Tentunya para pemula perlu memahami cara berjualan di Tokopedia sejak awal. Kami mulai dengan membuat akun dan membuka toko untuk memberikan tips manajemen kepada kamu. Jadi, beberapa langkah yang penting kamu kerjakan ialah:

1. Buat akun Tokopedia

Sebelum membuka toko, kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Berikut 4 langkah membuat akun di Tokopedia.

  • Download aplikasi Tokopedia di smartphone kamu.
  • Setelah berhasil diunduh, buka, klik tombol “Sign Up Now” dan klik “Sign Up”.
  • Masukkan email atau nomor ponsel aktif yang ingin kamu gunakan pada kolom yang tersedia.
  • Kamu kemudian akan disajikan dengan dua metode verifikasi, yang dapat Anda pilih melalui SMS atau Whatsapp.
  • Setelah menerima OTP, masukkan kode verifikasi.
  • Masukkan nama kamu sesuai dengan ID kamu (KTP) dan klik ‘Lanjutkan’.
  • hai! Akun kamu telah berhasil dibuat.

2. Buka Toko

Jika kamu memiliki akun, kamu tidak dapat berjualan di Tokopedia tanpa adanya toko. Baik? Nah, berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuka toko.

  • Buka aplikasi Tokopedia di ponsel kamu.
  • Pilih menu “Simpan Akun”.
  • Kemudian buka halaman Open Store dan pilih “Open Store for Free”.
  • Silakan masukkan nama toko. Nama toko tidak dapat diubah kembali, jadi pastikan nama tersebut benar.
  • Kemudian masukkan deskripsi dan alamat toko yang jelas dan lengkap untuk memudahkan pihak kurir mengambil barang kamu.
  • hai! Toko kamu telah berhasil dibuka.

3. Tentukan pengiriman yang didukung

Bisnis yang dijalankan secara online tentunya tidak terlepas dari dukungan logistik. Layanan logistik harus diaktifkan agar cara kamu berjualan di Tokopedia berfungsi.

Marketplace ini menawarkan dua jenis layanan: pengiriman ke outlet dan penjemputan kurir dari berbagai mitra logistik Tokopedia.

4. Tambahkan produk

Ketika toko kamu berhasil dibuka, posting semua produk yang kamu jual tanpa kecuali. Hal ini untuk memudahkan konsumen melihat produk yang tersedia di toko. untuk membuat pilihan mereka lebih mudah.

5. Kelola Toko Kamu dengan baik

Bahkan jika kamu sedang online, kamu harus menjaga toko kamu dengan baik. Misalnya, jangan lupa untuk memperbarui inventaris produk Anda.

Juga, periksa kotak obrolan kami setiap hari sehingga kamu tidak akan pernah melewatkan balasan pesan konsumen. Toko yang tidak dikelola dengan baik dapat mengurangi kredibilitas bisnis kamu.

Cara Berjualan di Tokopedia Tanpa Modal

Kamu ingin menjual, tetapi kamu tidak memiliki modal atau produk, jadi mengapa tidak? Anda bisa memulai bisnis online menggunakan fitur dropshipping. Sistem dropship memungkinkan Anda untuk berjualan di Tokopedia tanpa modal apapun.

Dropshipping adalah sistem penjualan dimana kamu cukup mengirimkan barang dari supplier ke konsumen, daripada harus membeli produk untuk dijual kembali.

Namun, mulai tahun 2018, Tokopedia melarang penjualan barang dari sistem Dropship internalnya yaitu Tokopedia ke Tokopedia. Namun, pengiriman langsung masih berlaku hari ini.

Strategi Penjualan Agar Laris 

Setelah mengetahui langkah-langkah membuat akun untuk membuka toko, sebaiknya kamu juga mengatur strategi cara berjualan di Tokopedia agar bisa cepat laku. Saat mempersiapkan, pertimbangkan hal berikut:

1. Posting gambar dan variasi produk yang menarik

Foto produk adalah yang paling banyak dilihat konsumen. Jadi, jika kamu ingin tahu cara berjualan di Tokopedia dan cepat laku, pasang beberapa gambar menarik dan pastikan sesuai dengan aslinya. Coba juga foto lengkap untuk semua variasi.

2. Harap isi deskripsi produk dengan akurat.

Selain foto, konsumen juga dapat memperhatikan deskripsi produk dan melihat deskripsi produk. Untuk melakukan ini, tulis deskripsi produk lengkap dari awal agar pembeli tidak banyak bertanya.

3. Gunakan media sosial sebagai tempat publisitas

Berjualan di Tokopedia juga bisa sukses jika kamu mempromosikannya melalui media sosial. Misalnya, pasang link toko Tokopedia di akun Instagram kamu untuk memudahkan konsumen mengakses.

4. Pasang Kupon Pengiriman Gratis

Sistem pengiriman gratis adalah salah satu layanan yang sangat populer di kalangan semua konsumen. Tidak ada salahnya mengaktifkan layanan pengiriman gratis di toko kamu untuk menarik lebih banyak pelanggan dengan acara promosi kamu.

5. Memberikan pelayanan yang memuaskan

Seperti halnya membuka toko fisik, berjualan di Tokopedia harus memperhatikan pelayanan yang baik kepada konsumen. Misalnya, berterima kasih kepada konsumen karena memberikan ulasan yang menarik, merespons dengan cepat, dan menanggapi pesan dengan ramah.

Keuntungan Membuka Toko di Tokopedia

Apa keuntungan berjualan di Tokopedia? Menurut situs resminya, Tokopedia menawarkan manfaat berikut bagi mereka yang membuka toko di platform:

  • Ini gratis untuk membuka toko dan tidak ada biaya untuk membuka toko.
  • Menjangkau seluruh Indonesia, Tokopedia telah memiliki 98% calon pembeli di Indonesia.
  • Dengan fasilitas pengiriman yang lengkap, mitra logistik Tokopedia menjangkau seluruh Indonesia.
  • Dengan berbagai fitur pendukung penjualan, fitur pilihan ini dibuat untuk membantu kamu mengembangkan toko di Tokopedia.

Nah, itulah beberapa cara berjualan di Tokopedia yang bisa dengan cepat menjual Dropshippers maupun pemula. Setelah berhasil membuka toko baru, terapkan strategi di atas dan perhatikan apa yang harus dihindari agar penjualan tetap sibuk dan mengalir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *