Bisnis  

Cara Riset Pasar Online untuk Memahami Kebutuhan Konsumen

Cara Riset Pasar Online untuk Memahami Kebutuhan Konsumen

Cara Riset Pasar Online – Memahami bagaimana bisnis melakukan riset online sangat penting untuk memahami kebutuhan dan perilaku konsumen, terutama target pasar mereka. mengapa? Dengan begitu, bisnis bisa mendapatkan loyalitas pelanggan.

Lalu, bagaimana cara melakukan survei online? Jangan khawatir. Di era digital ini, tidak perlu pergi ke lapangan secara langsung. Yuk simak ulasannya di artikel selanjutnya untuk lebih jelasnya.

Apa itu Riset Pasar Online?

Pada dasarnya, riset pasar adalah metode bisnis yang mengumpulkan dan menganalisis data yang akan digunakan untuk kemajuan bisnis di masa depan.

Keterampilan riset pasar biasanya diterapkan sebelum memulai bisnis untuk mengetahui jenis produk apa yang dibutuhkan audiens target Anda, atau ketika Anda ingin memasarkan bisnis Anda di platform yang lebih besar.

Sebelum munculnya alat digital, riset pasar secara tradisional telah dilakukan oleh pengusaha yang bertemu langsung dengan banyak konsumen sasaran untuk mengetahui jenis produk dan layanan apa yang paling dibutuhkan atau diminati.

Salah satu kelemahan dari metode tradisional berikut adalah biaya terkait yang tinggi. Jadi, seiring waktu, Anda dapat menemukan metode riset pasar online dan menggunakannya dalam bisnis Anda.

Metode riset pasar online adalah dengan menggunakan mesin pencari di Internet untuk memahami selera dan kebutuhan konsumen sasaran untuk produk tertentu dan untuk mendapatkan informasi tentang evaluasi penjualan produk yang dijual.

Untuk memudahkan, praktisi pemasaran di Indonesia telah menerapkan metode riset pasar online berikut selama 7 tahun terakhir, yang mayoritas menggunakan metode kuantitatif.

Bagaimana Cara Riset Pasar Online

Pelajari cara menggunakan data dari Internet untuk mengumpulkan data dan meneliti pasar online.

1. Menentukan Target Pasar

Cara pertama untuk melakukan riset pasar online adalah dengan menentukan target audiens yang Anda pasarkan. Kebanyakan pelaku bisnis sering salah paham dengan konsep menciptakan suatu produk karena tidak melakukan keterampilan selanjutnya terlebih dahulu.

Banyak perusahaan merugi karena tidak melakukan riset konsumen sebelum memutuskan untuk memproduksi produk untuk dijual. Hal ini dikarenakan produk yang dijual tidak memenuhi kebutuhan atau selera masyarakat.

Oleh karena itu, ketika melakukan riset pasar, pengusaha perlu menetapkan target audiens mereka, seperti usia, jenis kelamin, rentang demografi, pendidikan, pengalaman, dll.

Aspek-aspek berikut ini penting untuk berkomunikasi dengan konsumen tentang harga, jenis produk, dan keunggulan.

2. Lakukan Pencarian Tren

Sebagai metode riset pasar online selanjutnya, pengusaha perlu mencari tren atau kata kunci di mesin pencari internet dan media sosial. Anda juga dapat mengambil data berikut melalui survei online kami:

Dalam hal ini, mesin pencari seringkali tidak merinci keinginan dan kebutuhan konsumen sasaran. Oleh karena itu, metode riset pasar yang paling efektif adalah dengan menggunakan survei online.

Untuk lebih memudahkan lagi, survei online Poplitex dapat digunakan untuk menganalisis tren pasar sasaran untuk periode waktu terbaru dan mudah diterapkan oleh pengusaha pemula sekalipun.

Berkaitan dengan itu, riset pasar online yang mengidentifikasi tren terkini akan membantu perusahaan berinovasi agar konsumen tidak bosan dan beralih ke produk pesaing.

3. Lakukan Research Keyword

Metode riset pasar online selanjutnya biasanya dilakukan dengan bantuan Google Trends alih-alih pengusaha memasukkan keyword, melainkan data yang menunjukkan berapa banyak orang yang tertarik pada suatu barang muncul.

Selain menunjukkan jenis produk, Research Keyword akan membantu Anda mengidentifikasi pesaing Anda serta kekuatan dan kelemahan mereka.

Selain menggunakan Google Trends, Anda juga dapat menemukan data berikut di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok. Biasanya, pengusaha menganalisis komentar yang terdapat dalam postingan tentang produk tertentu.

Jika sebagian besar komentar menunjukkan minat, kita dapat menyimpulkan bahwa produksi produk ini cenderung menghasilkan keuntungan yang tinggi.

4. Kenali Pesaing Anda

Sambil tetap berhubungan dengan kompetitor Anda dan produk yang mereka jual, Anda juga perlu lebih mengenal kompetitor Anda.

Setelah membahas pada poin sebelumnya bagaimana mengetahui produk apa yang Anda jual dan siapa pesaing bisnis Anda, maka Anda perlu menggali informasi sebanyak mungkin untuk menemukan aspek spesifik yang dapat digunakan untuk nilai unik bisnis Anda.

Sebagai informasi tambahan, hal terpenting dari pesaing Anda adalah apakah strategi pemasaran dan jenis produk Anda memiliki perpaduan yang sempurna antara pro dan kontra.

5. Buat Survei Online

Selain membantu pencarian tren, survei online dapat membantu pengusaha mendapatkan respons lebih cepat terkait masalah produksi.

Secara umum, ketika melakukan survei offline, pengusaha sering terdesak waktu karena banyak peserta kemungkinan akan memperlambat proses analisis dan akhirnya persyaratan produksi.

Jadi, jika Anda ingin meluangkan waktu untuk menganalisis selera konsumen target Anda dengan cepat, mudah, dan efisien, Anda harus menggunakan survei online. Dalam hal ini, wirausahawan harus mengajukan pertanyaan yang selaras dengan tujuan dan tujuan penelitian mereka.

6. Menulis Laporan Penelitian

Langkah selanjutnya adalah menulis laporan penelitian yang memuat temuan, kesimpulan, dan rekomendasi penelitian. Laporan penelitian ini digunakan untuk membuat keputusan bisnis yang penting.

Nah, ternyata riset pasar itu penting dan banyak manfaatnya untuk bisnis. Riset pasar dapat mengumpulkan informasi berharga tentang tren, peluang, ancaman, dan kebutuhan konsumen. Di sini Anda dapat lebih mengembangkan strategi pemasaran Anda dan membuat keputusan penting lainnya untuk bisnis Anda.

Riset Primer vs Sekunder

Riset pasar dibagi menjadi riset primer dan riset sekunder. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Riset Pasar Primer

Riset primer adalah proses pengumpulan informasi langsung tentang pasar dan pelanggan. Dalam penelitian primer dibagi menjadi dua jenis: penelitian eksplorasi dan penelitian khusus.

  • Penelitian eksplorasi adalah penelitian yang menghasilkan pertanyaan atau masalah yang perlu dipecahkan oleh perusahaan.
  • Studi primer spesifik adalah studi yang dilakukan setelah studi eksplorasi dilakukan untuk menemukan jawaban atas masalah yang diidentifikasi melalui studi eksplorasi.

Penelitian riset primer juga dilakukan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Dalam penelitian kuantitatif berkaitan dengan data seperti tren atau informasi dari catatan publik.

Penelitian kualitatif berkaitan dengan opini publik atau sentimen konsumen tentang suatu produk atau layanan. Beberapa metode penelitian kualitatif yang sering digunakan adalah wawancara, studi etnografi, dan kelompok fokus.

2. Riset Pasar Sekunder

Riset pasar sekunder adalah informasi dari sumber eksternal, seperti lembaga pemerintah atau media, yang dapat digunakan untuk menarik kesimpulan dan membuat keputusan. Contohnya termasuk laporan tren, laporan penggunaan media sosial, laporan pengguna internet, statistik pasar, data penjualan, dan banyak lagi. Beberapa sumber riset pasar sekunder meliputi:

a. Sumber Terbuka

Open source adalah sumber terbuka dan mudah diakses ketika melakukan riset pasar sekunder. Contohnya adalah statistik perpustakaan atau pemerintah seperti data dari BPS.

b. Sumber Komersial

Sumber komersial biasanya mencakup informasi atau laporan yang dikumpulkan oleh lembaga penelitian. Umumnya, Anda memerlukan biaya untuk mengunduh atau menggunakan data.

c. Sumber Internal

Sumber internal adalah data yang sudah dimiliki oleh bisnis atau perusahaan Anda dari penelitian atau penelitian sebelumnya. Data dari tahun-tahun sebelumnya dapat membantu kita menarik kesimpulan tentang apa yang diinginkan konsumen saat ini.

Ingin tahu lebih banyak tentang riset pasar? Anda dapat mengambil kelas seperti: Di kelas ini, Anda akan belajar tentang pentingnya riset pasar, metode riset pasar, dan menulis proposal riset untuk pengumpulan dan analisis data. Klik spanduk ini untuk mendapatkan poin kelas!

Tantangan Riset Pasar Online

Tidak dapat dipungkiri bahwa metode riset pasar online juga menghadapi kendala dan tantangan. Oleh karena itu, penerapan strategi ini juga membutuhkan perencanaan yang matang.

Saat melakukan riset pasar online, hal pertama yang perlu Anda persiapkan adalah memperkirakan berapa lama responden Anda akan menyelesaikan survei.

Aspek-aspek berikut akan sangat membantu Anda membuat keputusan penjadwalan yang lebih baik agar tidak mengganggu proses produksi.

Kami juga menyarankan untuk mengajukan pertanyaan yang singkat dan jelas sehingga responden dapat dengan mudah menyelesaikannya dalam waktu sekitar 12 detik atau kurang sehingga Anda dapat menyelesaikan survei dengan cepat.

Selain langkah ini, pengusaha perlu memilih dan memperhatikan kualitas panel responden. Idealnya, perusahaan sudah memiliki data konsumen yang lengkap atau bekerja sama dengan lembaga riset pemasaran terpercaya untuk menerapkan metode kuantitatif online.

Manfaat Riset Pasar Online

Dibandingkan dengan analisis konsumen tradisional, metode riset pasar online lebih mudah dan menawarkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah menjangkau target audiens yang lebih besar, sehingga datanya juga bisa terdiversifikasi.

Selain itu, riset pasar online dapat secara signifikan menghemat uang dan waktu perusahaan untuk keperluan data dan analitik karena responden hanya perlu mengisi tanggapan dalam formulir online yang dapat dipantau langsung oleh tim analitik.

Selain itu, data yang diterima dapat disimpan lebih efisien karena sistem transmisi dan penyimpanan otomatis. Ini juga membantu untuk merampingkan pembuatan laporan.

Indikator Keberhasilan Riset Pasar Online

Terakhir, jika Anda telah berhasil mengikuti semua langkah metode riset pasar online Anda, sekarang Anda perlu mengetahui apakah analisis Anda berhasil atau gagal. Berikut beberapa indikatornya.

Response rate adalah jumlah responden yang dihasilkan dalam penelitian. Jumlah yang besar menunjukkan bahwa penelitian itu berhasil.
Tingkat penyelesaian tinggi pada penyelesaian studi, yang berarti bahwa kesalahan dalam proses pengumpulan data diminimalkan.

Itulah penjelasan dan pemahaman tentang bagaimana melakukan survei online, ulasan tentang manfaatnya. Penting untuk melakukan riset untuk memahami sepenuhnya kebutuhan target pasar Anda, jadi jangan lupa untuk melamar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *