Bisnis  

8 Contoh Strategi Promosi Saat Ini Yang Harus Anda Ketahui

8 Contoh Strategi Promosi Saat Ini Yang Harus Anda Ketahui

Contoh Strategi Promosi Saat Ini Yang Harus Anda Ketahui – Kegiatan pemasaran produk memerlukan prosedur dan rencana pemasaran yang direncanakan dengan cermat.

Sebagai pelaku usaha, Anda perlu mengetahui beberapa contoh strategi promosi agar kegiatan pemasaran Anda tetap berjalan lancar.

Dengan menerapkan prosedur pemasaran yang tepat, Anda dapat meningkatkan tingkat penjualan produk Anda. Jika ya, apa saja contoh strategi promosi yang bisa Anda lakukan? Jadi, cari tahu di bawah ini!

Apa itu Strategi Promosi?

Strategi promosi merupakan salah satu cara untuk memasarkan suatu bisnis atau produk perusahaan kepada pelanggan. Biasanya, persiapan strategi pemasaran semacam itu dilakukan melalui perencanaan dan riset pasar yang cermat.

Strategi promosi dalam hal ini adalah dengan menggabungkan beberapa sistem pemasaran yang ada kemudian dipilah sesuai kebutuhan masing-masing perusahaan.

Perlu dipahami bahwa promosi tidak hanya digunakan sebagai alat pemasaran untuk tujuan menjual produk. Dalam beberapa kasus, terutama bisnis yang baru memulai atau merintis, mereka menerapkan teknik pemasaran ini untuk memperkenalkan merek mereka.

Apa yang dapat dipahami sebagai implementasi komprehensif dari strategi promosi mencakup 4P: harga, produk, lokasi, dan promosi. Berikut ini adalah ruang lingkup pemasaran sebagai ukuran keberhasilan bisnis.

Mengacu pada berbagai aspek di atas, maka tujuan harga dalam strategi promosi adalah hubungan antara kemampuan target konsumen dengan harga produk yang dijual. Jika sebuah bisnis menargetkan konsumen pada usia tertentu, nilai produknya juga harus disesuaikan.

Jika demikian, pemahaman Anda tentang strategi promosi produk adalah desain produk yang diproduksi dan dijual oleh perusahaan Anda. Penting untuk ditekankan bahwa harus ada nilai unik untuk menarik konsumen.

Tempat dan promosi juga berkaitan dengan aspek media atau toko fisik dimana produk tersebut dijual. Untuk menentukan hal ini, perusahaan biasanya melakukan analisis terhadap gaya hidup dan minat konsumen.

Target Strategi Promosi

Secara umum, tujuan dari strategi promosi adalah untuk mengoptimalkan keuntungan perusahaan untuk produk tertentu. Namun selain itu, metode pemasaran ini memiliki beberapa tujuan lain:

  • Mendukung ekspansi perusahaan
  • Mempengaruhi keinginan berlangganan konsumen
  • Mendorong pelanggan untuk melakukan transaksi pembelian
  • Meningkatkan potensi, kualitas dan volume produk Anda
  • Sebuah alternatif untuk inovasi dan penciptaan bisnis
  • Mengungguli pesaing Anda dengan ide-ide pemasaran yang menarik

8 Contoh Strategi Promosi Penjualan

Contoh strategi promosi yang dijadikan sebagai sarana pengenalan produk suatu perusahaan kepada konsumen harus divariasikan agar dapat mengungguli pesaing. Berkaitan dengan itu, berikut delapan contoh strategi promosi yang bisa Anda gunakan.

1. Buka Akun Marketplace

Sejak awal peradaban digital, e-commerce, atau yang sering disebut sebagai marketplace oleh para pengusaha, merupakan salah satu contoh strategi promosi yang terbukti menghasilkan return yang tinggi.

Saat ini, ada puluhan pasar di Indonesia. Masing-masing pasar digital berikut memiliki kekuatan dan fitur uniknya sendiri, memungkinkan Anda untuk mencantumkan produk Anda di beberapa situs e-niaga yang saat ini digunakan oleh massa.

Sebagai informasi tambahan, umumnya di setiap aplikasi belanja online, Anda dapat menemukan kategori bisnis yang memungkinkan penjual untuk dengan mudah mencantumkan item berdasarkan jenisnya.

Pengelompokan jenis produk ini juga membantu pelanggan mempercepat transaksi pembelian.

2. Menggunakan Media Sosial

Contoh lain dari strategi promosi yang bisa Anda gunakan di luar marketplace adalah media sosial. Jika target audiens perusahaan Anda adalah kaum milenial, cara berikut ini cocok:

Sebagai contoh strategi promosi, berbagai konsep dapat diciptakan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di media sosial tertentu.

Misalnya, jika Anda menggunakan Instagram sebagai media pemasaran, Anda dapat mulai berinteraksi dengan konsumen melalui fitur Stories dalam bentuk video atau foto, termasuk hashtag tertentu dengan copywriting yang menarik.

3. Bergabunglah dengan Komunitas Bisnis

Strategi kehumasan langsung dapat dilakukan dengan komunitas bisnis. Memiliki kolega dengan pengalaman dan koneksi lapangan terkait akan membantu Anda menemukan kiat pemasaran.

Jadi, bergabunglah dan tetap aktif dalam komunitas bisnis kami untuk mendapatkan wawasan baru tentang pasar dan menerapkan strategi promosi yang tepat.

4. Menjual Melalui Website

Contoh lain dari strategi promosi adalah menggunakan situs web sebagai alat pemasaran. Perlu dipahami bahwa media berikut memiliki fungsi dan tujuan yang sangat kontras dengan Instagram atau alat pemasaran digital lainnya.

Tidak seperti menggunakan media sosial seperti Instagram untuk fokus pada interaksi konsumen untuk meningkatkan penjualan, situs web Anda berfungsi sebagai wajah profesional perusahaan Anda.

5. Menggunakan Brosur

Sebuah strategi promosi langsung dapat dicapai dengan menggunakan brosur atau iklan yang sebenarnya. Biasanya, alat pemasaran ini ditempatkan di lokasi yang strategis seperti jalan atau bangunan umum di mana media komersial dapat dipasang.

Saat memutuskan untuk menggunakan brosur, spanduk, atau iklan sebagai saran, Anda harus mendapatkan izin dari pemilik bangunan atau otoritas terkait.

6. Buat Iklan di YouTube

Contoh strategi promosi melalui media online adalah memasang iklan di youtube. Sepintas, taktik ini mungkin tampak kurang familiar bagi bisnis yang terbiasa menggunakan platform pemasaran yang sebenarnya.

Namun, penting untuk diketahui bahwa berpromosi di YouTube dapat menjangkau beragam kelompok orang dengan biaya lebih rendah dibandingkan dengan iklan media cetak.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan contoh strategi promosi seperti berikut ini, sebaiknya desain desain iklan Anda dengan standar penayangan YouTube seperti panjang video dan mempertimbangkan model sehingga Anda dapat menghasilkan pendapatan yang besar.

7. Berkolaborasi dengan Influencer

Contoh lain dari strategi promosi produk adalah bekerja sama dengan influencer, pembuat konten, atau Key Opinion Leader (KOL) di media sosial.

Secara umum, KOL di beberapa media sosial memiliki audiens yang loyal. Pemasaran dapat dilakukan melalui sistem promosi, brand ambassador atau event online dengan cara sebagai berikut:

Dengan sistem endorsement, pengusaha dapat meminta kartu rate influencer tertentu melalui kontak manajemen yang tersedia, sehingga kerjasama dapat didiskusikan.

Di sisi lain, jika Anda ingin memulai contoh strategi promosi kooperatif dengan mengundang influencer ke acara online in-house, Anda dapat mengundang manajemen untuk mengatur jadwal.

8. Membangun Hubungan dengan Media

Terakhir, peran outlet online, komersial, dan media saat ini menjadi aspek penting dalam penyebaran informasi dan pemasaran produk. Misalnya, iklan di koran atau di TV sebenarnya bisa menyoroti bisnis Anda.

Jadi, selain menjalin relasi dengan dunia usaha, kolaborasi lintas media bisa menjadi solusi bagi pelaku bisnis yang masih cenderung kurang melakukan promosi.

Nah, pembahasan singkat tentang contoh strategi promosi. Terapkan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Tips pemasaran akan lebih efektif jika Anda benar-benar memahami kebutuhan bisnis target Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *