Bisnis  

10 Contoh UMKM Paling Diminati di Indonesia!

10 Contoh UMKM Paling Diminati di Indonesia!

Contoh UMKM Paling Diminati di Indonesia – Beberapa ilustrasi atau contoh UMKM yang sukses berhasil membuat banyak orang tertarik untuk menekuni bisnis ini.

Ini juga menjadi daya tarik utama, tentu saja, bahwa sistem operasi tidak semudah atau serumit manajemen perusahaan besar.

Ini juga memungkinkan usaha kecil untuk mulai beroperasi dengan modal yang relatif kecil. Jadi siapapun bisa mengembangkan unit bisnis yang satu ini.

Nah, jika Anda tertarik untuk menekuninya, mari kita lihat beberapa gambar dan contoh UMKM yang bisa menginspirasi Anda untuk menjalankan bisnis Anda.

Apa itu UMKM?

UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Ketika kegiatan bisnis dapat dilakukan secara individu atau kelompok Ketika aset bersih tinggi dan kinerja penjualan tahunan relatif rendah dibandingkan dengan perusahaan besar

Karena keterbatasan modal, banyak pengusaha lebih memilih untuk memulai usaha kecil-kecilan saja.

Karena manajemen bisnis yang buruk dan keahlian yang terbatas, tingkat pertumbuhan bisnis ini biasanya tidak terlalu cepat.

Namun, ada juga yang kemudian tumbuh besar dan berhasil menghasilkan pendapatan lebih.

Oleh karena itu, UKM sering dipilih oleh masyarakat untuk keluar dari kondisi ekonomi yang sulit.

Selain itu, memiliki usaha memberikan pelakunya penghasilan yang cukup tinggi yang nantinya dapat digunakan untuk membeli kebutuhan keluarga, termasuk rumah.

Contoh Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia

Setelah memahami penjelasan di atas, akan diuraikan beberapa contoh usaha kecil dan menengah sebagai berikut.

1. Contoh UMKM kuliner

Yang pertama adalah contoh usaha kecil kuliner dimana sektor ini tidak akan pernah mati karena makanan merupakan kebutuhan semua orang.

Ada banyak contoh usaha kecil kuliner yang bisa Anda kembangkan. Misalnya souvenir seperti keripik dan kepala roti, food court atau warung makan kaki lima seperti watteg.

Jika Anda memiliki modal awal yang kecil, sektor ini adalah pilihan yang baik untuk menjalankan bisnis Anda.

Kunci sukses dari bisnis kuliner itu sendiri terletak pada kualitas rasa makanan, pelayanan dan strategi pemasarannya.

2. Contoh UKM Pertanian

Wisata pertanian merupakan contoh UKM Indonesia yang jarang ditemui di kota-kota besar.

Beberapa contoh UMKM pertanian antara lain jual beli sayuran atau buah-buahan organik, penanaman bibit dan benih.

3. Contoh UKM Peternakan

Contoh bisnis kecil peternakan adalah inspirasi bisnis yang bisa menjadi pilihan Anda selanjutnya. Kawasan ini akan sering Anda jumpai saat mengunjungi pasar tradisional atau penjual makanan.

Bisnis peternakan berfokus pada penjualan hewan. Mirip dengan kasus sebelumnya, ada peluang besar di sektor ini juga.

Beberapa contoh peternakan antara lain ayam, telur, sapi, dan kambing.

4. Bisnis Produk Kreatif

Bisnis produk kreatif seperti kerajinan tangan merupakan salah satu bentuk bisnis yang bernilai tinggi. Keunggulan lainnya terletak pada orisinalitas dan sisi artistik.

Mulai dari pembuatan produk fashion, aksesoris dan dekorasi rumah, ada banyak peluang bisnis di sektor usaha kecil ini.

5. Bisnis kebutuhan Anak

Beragamnya kebutuhan anak, mulai dari pakaian, makanan, membaca hingga mainan, hanyalah salah satu contoh yang bisa dijadikan inspirasi.

Sebuah bisnis yang membutuhkan anak-anak dapat menghasilkan keuntungan besar. Hal ini karena orang tua biasanya tidak takut untuk membelanjakan uangnya untuk kebutuhan atau minat anaknya.

6. Bisnis kecantikan

Usaha kecil di bidang kecantikan merupakan salah satu contoh usaha yang memiliki peluang cukup besar di Indonesia.

Seperti yang Anda ketahui, di zaman sekarang ini, keinginan akan kecantikan menjadi hal yang penting dan banyak orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkannya.

Agar bisnis ini berhasil dan berkembang, para pelaku bisnisnya harus memberikan kualitas dan efisiensi tinggi dari layanan yang diberikan.

7. Contoh UMKM di Bidang Fashion

Contoh UMKM selanjutnya adalah sektor fashion. Sektor ini merupakan salah satu unit usaha kecil yang dapat menghasilkan keuntungan besar, terutama pada waktu-waktu tertentu seperti hari raya.

Tren fashion yang selalu berubah mengikuti perkembangan zaman justru membuat bisnis ini terus berkembang.

Bisnis fashion sendiri dapat berkembang dalam produksi, pembelian dan penjualan produk, baik di toko konvensional maupun online.

8. Bisnis Jasa Kebersihan

Jasa kebersihan seperti laundry merupakan kebutuhan masyarakat modern. Anda bisa memulai bidang ini tanpa modal yang banyak.

Selain laundry, contoh bisnis kebersihan lain yang bisa Anda kembangkan antara lain cuci sepatu, tas, dan bersih-bersih rumah.

9. Bisnis Event Organizer

Anda juga bisa menjalankan bisnis event organizer dalam skala sederhana jika memiliki modal kecil.

Contoh bisnis yang bisa Anda coba antara lain mengatur ulang tahun, anniversary, pernikahan, dan lainnya.

10. Bisnis Pariwisata

Bisnis tour & travel memiliki potensi yang besar, terutama di bidang pariwisata. Untuk memudahkan wisatawan mengakses, kami dapat menawarkan paket wisata dengan fasilitas tambahan.

Usaha pariwisata ini juga mencakup jasa akomodasi seperti guest house, villa, villa, dan losmen. Adapun prospek menggiurkan lainnya seperti menjual souvenir, makanan dan makanan khas.

Nah berikut ini uraian lengkap 10 contoh UMKM yang bisa Anda jadikan inspirasi bisnis. Jangan ragu untuk berinovasi dan berkreasi setiap saat agar bisnis Anda tetap berjalan lancar selama bertahun-tahun yang akan datang.

Penting juga untuk diingat bahwa sebelum memutuskan untuk fokus pada satu bidang bisnis Anda, Anda harus mempertimbangkan beberapa strategi pemasaran dengan tujuan untuk memastikan bahwa bisnis Anda akan beroperasi secara optimal di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *