Apakah Google Mengirimi Anda Email Tentang Masalah Keamanan? Mari kita cari tahu

Apakah Google Mengirimi Anda Email Tentang Masalah Keamanan? Mari kita cari tahu

Ketika Google pertama kali mulai mengirimkan peringatan keamanan, mereka mengirimkannya melalui email. Email dikemas penuh dengan informasi teknis, berisi 6 tautan, dan tidak memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan selanjutnya. Itu semua berubah pada tahun 2015, ketika Google mulai mengirimkan pemberitahuan push untuk kerentanan keamanan utama.

Meskipun pemberitahuan push ini memiliki bahasa yang lebih jelas dan hanya satu tautan, ia menerima tanggapan 20 kali lebih banyak daripada email sebelumnya. Pengguna sekarang dapat mengharapkan peringatan keamanan datang melalui pos beberapa kali sehari, seringkali berguna dan informatif.

Manfaat Menerima Peringatan Keamanan

Jika Anda pernah terganggu oleh pemberitahuan keamanan Google yang mengganggu, Anda akan tahu bahwa Anda dapat mematikannya kapan saja. Tapi pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa notifikasi ini dikirim? Pelanggan yang menerima Google Security Alerts akan diberi tahu setiap kali mereka melihat perilaku mencurigakan di akun mereka.

Peringatan ini dapat dihasilkan oleh faktor-faktor seperti kata sandi yang disusupi, informasi login yang tidak dipercaya, atau kurangnya perlindungan keamanan. Anda dapat menghapus pemberitahuan ini dari waktu ke waktu, tetapi sangat berguna untuk menjaga dan menjaga keamanan akun Anda.

Keamanan

Google Security Alerts juga memberi tahu Anda tentang pembaruan browser dan perangkat lunak lainnya. Anda mungkin tertarik dengan pembaruan ini, tetapi itu tidak sepenting yang Anda pikirkan.

Jika Anda khawatir tentang peretas, Anda dapat sepenuhnya menghindari mengklik peringatan ini dengan mengunci layar Anda saat tidak digunakan. Saran penting lainnya untuk menjaga keamanan akun Anda adalah selalu menggunakan versi terbaru dari sistem operasi dan browser Anda. Juga, jangan lupa untuk selalu memperbarui sistem manajemen kata sandi Anda.

Google Security Alerts memberi tahu Anda setiap kali perangkat baru masuk ke akun Gmail Anda. Google dapat mengidentifikasi perangkat baru berdasarkan alamat IP lain dan mencoba memverifikasi identitasnya.

Pemberitahuan ini juga memberi tahu Anda jika perangkat baru masuk ke komputer kantor Anda. Peringatan keamanan ini dapat berupa hasil penelusuran melalui VPN atau server proxy. Server VPN mengubah alamat IP Anda sehingga Google dapat mengenali perangkat baru ini.

Cara Mengidentifikasi Peringatan Palsu

Kemungkinan besar Anda menerima email dari sumber yang tidak dikenal dan bertanya-tanya apakah ini peringatan keamanan Google palsu.

Jika Anda menerima email yang tidak diminta dari sumber yang tidak dikenal, periksa kembali masalah ejaan dan tata bahasa. Email tersebut kemungkinan besar palsu, bukan Google. Dalam skenario ini, email dihapus tanpa membuka lampiran.

Jika Anda menerima peringatan keamanan Google, pesan tersebut mungkin berasal dari adware atau program yang mungkin tidak diinginkan, atau mungkin dari seseorang yang mencoba mengakses Akun Google Anda.

Untuk menghindarinya, jalankan paket antivirus keamanan di komputer Anda dan setel ulang kata sandi Google Anda. Jika Anda tidak dapat mengingat kata sandi Anda, gunakan pengelola kata sandi. Pengelola kata sandi juga dapat membantu melindungi akun Anda dari serangan brute force.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *