Bisnis  

10 Ide Bisnis Online untuk Pelajar dengan Modal Kecil

10 Ide Bisnis Online untuk Pelajar dengan Modal Kecil

WACANADAILY.com – Status pelajar bukanlah halangan untuk memulai bisnis online. Karena ada banyak pilihan bisnis yang bisa kamu lakukan sambil belajar.

Jika kamu memiliki penghasilan sendiri, tentunya akan menyenangkan bukan? Secara umum, kendala terbesar bagi pemula adalah membuat siswa bingung tentang apa itu peluang bisnis online.

Sekarang kamu tidak perlu khawatir. Pada artikel kali ini, Wacanadaily akan merangkum beberapa contoh bisnis online untuk mahasiswa bermodal rendah dan berpenghasilan tinggi. Jadi jangan penasaran dan baca reviewnya sampai habis ya!

10 Ide Bisnis Online untuk Pelajar

Berikut adalah 15 contoh bisnis online untuk pelajar yang dapat menambah pengalaman dan penghasilan tambahan kamu.

1. Menjadi Pemasaran Afiliasi

Ide bisnis online untuk mahasiswa pertama kamu adalah affiliate marketing atau bisnis affiliasi. Cara kerjanya mirip dengan MLM yaitu kamu hanya perlu mengajak orang lain untuk membeli produk tertentu.

Karena produk adalah bisnis orang lain, jika beberapa orang membelinya, kamu akan menerima komisi.

2. Buat blog

Apakah kamu tertarik untuk menulis atau kamu pandai membuat kata-kata? kamu bisa mencoba ide bisnis online ini untuk pelajar. Idenya adalah untuk membuat blog atau menjadi blogger.

Kamu dapat mempelajari cara menulis artikel, cerita, dokumenter, dan lainnya. Kamu bisa mendapatkan uang dengan menjalankan iklan di blog Anda.

Baca Juga8 Cara Memulai Bisnis Kuliner yang Menguntungkan Untuk Pemula

3. Menjadi pengelola media sosial

Ide bisnis online untuk mahasiswa selanjutnya adalah menjadi social media manager. Profesi ini cocok untuk orang yang sangat aktif dan kreatif dalam mengelola media sosial. Kamu bisa membuka layanan pengelolaan media sosial seperti akun Instagram atau TikTok UMKM atau bisnis orang lain.

4. Fotografer

Bisnis online untuk pelajar ini merupakan salah satu ide bisnis yang paling mudah untuk dimulai, apalagi jika kamu adalah seorang penggila fotografi.

Yang kamu butuhkan hanyalah kamera DSLR atau kamera sejenis lainnya dan kemampuan untuk memotret dan mengedit sudut foto. Bagaimana jika kamu tidak memiliki kamera? Jangan khawatir. Kamu dapat menyewa kamera di toko persewaan kamera.

5. Menjadi reseller atau dropshipper

Ide bisnis online untuk mahasiswa setelah itu jadi reseller atau dropshipper. Kamu bisa memilih vendor yang menjual produk terkenal, populer dan terpercaya sehingga pekerjaan ini akan memberikan banyak keuntungan bagi kamu.

Baca Juga5 ide dan Cara Memulai Bisnis Rice Bowl dirumah

6. Layanan online terbuka

Apakah kamu pandai mendesain, menulis artikel atau berita, menguasai banyak bahasa asing? Sekarang mari kita buka layanan yang dapat melakukan hal-hal ini untuk keuntungan kamu.

Layanan desain logo merek, desain poster, desain konten media sosial, penulisan artikel dan berita, penerjemah novel atau cerita, dan lainnya. Tergantung pada kualitas yang kamu berikan, kamu dapat menentukan sendiri biaya layanannya.

7. Streamer

Ingin menjadikan video game sebagai hobi lebih bermanfaat? Streamer mungkin salah satu solusinya. Menjadi seorang streamer adalah ide bisnis online yang sangat menyenangkan bagi mahasiswa.

Kamu dapat menandatangani kontrak dengan platform streaming langsung untuk menerima donasi seperti koin, suka, dan hadiah stiker.

8. Buat podcast

Baru-baru ini, podcast menjadi salah satu konten media paling populer bagi banyak orang. Jika kamu menggunakan YouTube, kamu sudah bisa menjadi podcaster dengan peralatan audio dan camcorder yang cukup.

Namun tentunya harus menyampaikan topik yang menarik dan sikap yang menyenangkan. Ini bukan tidak mungkin. Kamu dapat bekerja dengan sponsor nanti. Kamu dapat membaca lebih lanjut tentang cara membuat podcast untuk pemula.

9. Menjadi seorang blogger

Selain menjadi podcaster di YouTube, kamu juga bisa membuat video blog atau vlog. Kamu dapat membuat berbagai jenis video dengan tema yang menarik, unik, dan informatif.

Jika kamu melakukan itu, kamu akan mendapatkan banyak pemirsa yang menonton video kamu nanti, sehingga kamu bisa mendapatkan AdSense dari hasil tersebut.

10. Bisnis makanan ringan

Ide bisnis online untuk mahasiswa selanjutnya adalah berjualan makanan jajanan. Ada banyak jenis jajanan menarik yang tersedia untuk dijual, seperti keripik, jajanan berbahan dasar tepung, biskuit, dan lainnya.

Kamu bisa berjualan lewat media sosial atau e-commerce dengan modal yang tidak terlalu banyak, bahkan bisa di bawah Rp 100.000.

Cara berbisnis online untuk pelajar

Lalu, berikut ini beberapa cara atau tips yang bisa kamu terapkan untuk bisnis online kamu untuk pelajar, antara lain:

1. Jangan ragu untuk memulai

Sebagian orang pasti skeptis saat memulai bisnis, terutama bagi kamu yang masih berstatus mahasiswa. Kurangnya pengetahuan dan pengalaman dalam menjalankan bisnis mungkin menjadi salah satu penyebab keraguan.

Jadi, sebelum kamu memulai bisnis, masukkan hati kamu ke dalamnya dan percaya pada diri sendiri.

2. Fokus pada bisnis

Memulai bisnis membutuhkan keseriusan untuk memaksimalkan hasil. Jadi, sebagai seorang pelajar, kamu harus bisa fokus pada bisnis yang kamu lakukan dan menyeimbangkan waktu sekolah dengan studimu.

Baca JugaBisnis Cafe modal 5 juta, Begini Cara Strategis?

3. Jangan takut kalah

Terakhir, sebagai metode bisnis online untuk mahasiswa, bangunlah mental yang kuat untuk menghadapi segala rintangan dan risiko serta jangan takut kehilangan bisnis kamu.

Jika suatu hari kamu kalah, ingatlah bahwa setiap kegagalan adalah pelajaran berharga untuk pertumbuhan bisnis di masa depan.

Berikut adalah 10 ide bagus untuk dikerjakan sambil belajar. Selain mempertimbangkan inspirasi di atas, simak juga hasil survei online Wacanadaily untuk mengetahui apa yang sedang tren saat ini. Tersedia berbagai pilihan paket, coba sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *