Bisnis  

Kemasan Produk: Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Jenisnya

Kemasan Produk: Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Jenisnya

Kemasan produk merupakan salah satu pertimbangan penting dalam proses bisnis. mengapa? Kita semua tahu bahwa kemasan adalah perhatian utama pelanggan kami. Oleh karena itu, penting untuk membuat kemasan yang menarik.

Pengemasan juga melindungi barang (makanan, benda, dll.) agar tetap aman di dalam. Untuk itu, pastikan kemasan yang Anda gunakan tidak mudah rusak sekaligus menarik. Sebagai referensi, simak ulasan berikut ini.

Pengertian Kemasan Produk

Secara umum pengertian kemasan produk adalah wadah atau bahan pengemas yang berfungsi untuk mencegah atau meminimalkan kerusakan barang di dalamnya.

Ada juga yang mengatakan bahwa konsep kemasan produk adalah wadah yang berfungsi untuk menampung, melindungi, mengidentifikasi dan mempromosikan barang.

Fungsi kemasan produk dalam hal ini tidak hanya untuk melindungi, tetapi juga untuk membangun identitas merek dan meningkatkan penjualan sebagai alat pemasaran. Menurut beberapa ahli, pengertian kemasan produk adalah:

1. Philip Kotler dan Gary Amstrong

Kotler dan Armstrong menyatakan bahwa konsep kemasan produk adalah suatu kegiatan yang melibatkan desain dan produk. Di mana pun itu, ia bekerja dengan baik untuk melindungi barang-barang di dalamnya.

2. D. Rodriguez

Rodriguez menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan kemasan produk adalah wadah yang terdiri dari senyawa aktif tambahan yang juga dapat berfungsi untuk mengubah keadaan suatu bahan makanan dan memperpanjang umur simpan.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian kemasan produk adalah lapisan pelindung yang terdapat pada suatu barang yang merupakan hasil dari suatu kegiatan pengemasan.

Tujuan Kemasan Produk:

Meskipun tujuan utama kemasan produk adalah untuk melindungi benda atau benda yang ada di dalamnya, ternyata ada manfaat lain.

Menurut Kimber dan Louw, tujuan kemasan adalah untuk:

1. Barrier Protection

Tujuan utama kemasan produk adalah untuk melindungi produk dari senyawa eksternal: air, debu, oksigen, dan uap. Ini biasanya disebut sebagai Barrier Protection.

2. Reducing Theft

Tujuan kemasan selanjutnya adalah untuk mengurangi pencurian. Artinya kemasan hanya bisa digunakan sekali dan tidak bisa ditutup kembali. Hal ini untuk mencegah penggunaan kembali wadah,

3. Marketing

Tujuan akhir dari kemasan adalah Marketing dimana penggunaan kemasan membantu dalam proses pemasaran suatu produk. Karena desain yang unik dapat menarik perhatian pelanggan.

Jenis Kemasan Produk:

Uraian lengkap tentang jenis kemasan produk, yaitu:

1. Berdasarkan Struktur Isi

Tergantung pada struktur isinya, jenis kemasan dibagi menjadi tiga jenis utama:

Kemasan Primer

Kemasan primer didefinisikan sebagai bahan yang diproses untuk kemasan langsung bahan baku makanan, seperti botol minuman.

kemasan sekunder

Yang dimaksud dengan kemasan sekunder, yaitu kemasan yang berfungsi untuk melindungi kemasan lain seperti karton dan lain-lain.

kemasan tersier

Terakhir, untuk membantu memahami kemasan tersier, yaitu kemasan yang digunakan untuk melindungi produk selama proses pengiriman, seperti bubble wrap.

2. Berdasarkan frekuensi penggunaan

Tergantung pada frekuensi penggunaan, ada tiga jenis kemasan.

Kemasan Disposable

Jenis kemasan sekali pakai ini adalah kemasan sekali pakai atau kemasan sekali pakai, seperti kemasan plastik.

Kemasan Multi Trip

Yang dimaksud dengan kemasan jenis ini adalah wadah yang dapat digunakan oleh konsumen, dan dikembalikan oleh penjual kepada penjual apabila produk yang ada di dalamnya telah habis. Contoh galon air minum, tabung gas, dll.

Kemasan Semi Disposable

Untuk jenis yang terakhir, yang dimaksud dengan kemasan semi-sekali pakai adalah kemasan, seperti kaleng biskuit dan botol sirup kaca, yang dapat digunakan kembali oleh konsumen sehingga tidak mungkin dibuang.

3. Berdasarkan Tingkat Kesiapan Pakai

Sedangkan menurut tingkat kesiapan penggunaannya, jenis kemasan produk dibedakan menjadi dua.

Kemasan siap pakai

Seperti namanya, kemasan siap pakai adalah kemasan yang berbentuk sempurna, seperti kaleng, botol, dll, yang sudah siap masuk ke dalam produk sejak pertama kali diproduksi.

Kemasan siap dirakit

Kemasan siap rakit didefinisikan sebagai wadah yang harus menjalani proses perakitan, seperti plastik, karton, aluminium foil, dan lain-lain.

Fitur dan manfaat kemasan produk

Kemasan memiliki ciri dan manfaat seperti mempermudah pengangkutan atau pengiriman. Wadah ini memudahkan untuk mengangkut dan mengirim produk, terutama jika bentuknya sederhana. Benda-benda di dalamnya tidak mudah rusak.

Manfaat kemasan selanjutnya adalah identitas dari produk itu sendiri. Hal ini dapat membantu dalam proses pemasaran produk.

Selain itu, fungsi kemasan produk dibagi lagi menjadi dua aspek yaitu perlindungan dan promosi. Berikut penjelasannya.

1. Fungsi Perlindungan

Fungsi kemasan pelindung adalah untuk melindungi atau melindungi produk dari berbagai faktor yang dapat merusak produk, seperti cuaca dan proses pengiriman.

Kemasan juga dapat melindungi, mencegah, atau meminimalkan risiko kerusakan dan cacat yang dapat merugikan baik pembeli maupun penjual.

2. Fungsi Promosi

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kemasan juga dapat berfungsi sebagai alat promosi atau pemasaran. Hal ini dimungkinkan dalam bentuk kemasan yang menarik. Secara umum, fungsi kemasan produk adalah:

Self Service

Kemasan juga dapat menonjolkan karakteristik produk yang dijual, sehingga format kemasan yang berbeda digunakan untuk produk yang berbeda.

Consumer Affluence

Kemasan yang menarik terbukti mempengaruhi minat konsumen untuk membeli dengan harga yang lebih tinggi.

Company and Brand Image

Kemasan adalah brand image Anda, sehingga nantinya lebih banyak orang yang mengenal produk Anda sebagai identitas perusahaan Anda.

Innovation Opportunity

Kemasan inovatif menguntungkan konsumen dan bisnis.

Ini adalah diskusi tentang apa arti kemasan dan fitur-fitur pentingnya yang menarik pelanggan ke dalam bisnis. Jika Anda menjual merchandise, Anda perlu mengemasnya semenarik mungkin di mata pelanggan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *