Keuntungan Investasi Emas yang Banyak Diminati

Keuntungan Investasi Emas yang Banyak Diminati

WACANADAILY.com – Keuntungan investasi emas yang banyak diminati. Anda dapat memilih dari berbagai jenis opsi investasi tergantung pada kemampuan dan situasi ekonomi Anda. Namun akan lebih baik jika Anda mencari pilihan investasi yang berisiko rendah.

Dalam dunia bisnis, ada rumusnya: low risk, low return, dan high risk, high return. Ya, jadi jika Anda ingin untung besar, beranilah mengambil risiko besar.

Sama seperti berinvestasi di saham atau reksadana, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar, namun Anda akan menghadapi risiko yang siap menghantui Anda.

Tapi Anda bisa mengatur semua ini. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui karakteristik dari jenis investasi itu sendiri.

Nah, berbicara tentang keuntungan berinvestasi emas, yang satu ini berbeda dengan jenis investasi lainnya. Salah satu perbedaannya adalah nilai emas selalu tinggi. Sehingga peluang ini diminati oleh sebagian orang yang membeli emas sebagai bentuk investasi.

1. Emas Awet

Emas adalah logam yang tahan lama. Emas tidak akan berkarat tidak peduli berapa tahun Anda meletakkannya. Karena itu, tidak mengurangi nilai jual emas.

2. Emas Berbentuk Cair (Mudah Meleleh)

Artinya, Anda bisa langsung menjual emas yang ada di tangan jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana untuk keperluan yang mendesak. Dana investasi emas ini tentunya bisa digunakan untuk dana apa saja.

3. Nilai Aset Tidak Turun

Berinvestasi dalam emas melindungi kekayaan Anda. Artinya tidak ada depresiasi. Harga emas telah jatuh untuk sementara waktu, tetapi tidak konstan dan meningkat setiap tahun.

Misalnya, jika Anda memiliki dana Rp500.000.000 dan Anda membeli emas batangan, nilainya akan tetap sama atau meningkat selama beberapa tahun ke depan. Emas juga tahan terhadap inflasi.

4. Emas Dapat dijadikan Jaminan

Jika Anda ingin mencari tambahan modal usaha, Anda bisa menggunakan emas sebagai jaminan. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan pegadaian untuk mempercepat mendapatkan tambahan modal usaha.

5. Tingkat Risiko Sedang Hingga Rendah

Berinvestasi dalam emas memiliki risiko rendah hingga menengah. Namun, hasilnya akan meningkat seiring waktu.

Kapan Berinvestasi Emas?

Untuk hal seperti ini karena harga emas membutuhkan waktu yang lama untuk naik signifikan, tidak perlu menunggu momentum ketika harga emas naik atau turun.

Apa Kelemahan Berinvestasi Emas?

Kelemahan dari investasi emas adalah harga emas yang lambat. Harga cenderung naik ketika kondisi ekonomi tidak stabil. Namun, mungkin ada inflasi pada saat itu yang menyebabkan harga emas naik dan turun.

Apakah Investasi Emas diperbolehkan Dalam Islam?

Komisi Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan Fatwa tentang jual beli emas non tunai. Komisi Ulama Indonesia (MUI) telah mengesahkan undang-undang untuk menyimpan emas dengan kredit yang masuk dalam kategori boleh bagi siapa saja.

Sesuai dengan hukum Islam, investasi emas sangat dianjurkan.

Apakah Investasi Emas Menjanjikan?

Selain saham, investasi emas juga dianggap sebagai bentuk investasi yang menguntungkan dan menjanjikan dapat menawarkan banyak keuntungan yang menarik.

Karena investasi emas adalah sesuatu yang cenderung naik harganya dan tidak mengalami penurunan yang berarti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *