Bisnis  

Kode Referral Adalah? Ini dia Fungsi dan Cara Mendapatkannya

Kode Referral Adalah? Ini dia Fungsi dan Cara Mendapatkannya

Kode Referral adalah istilah yang mungkin Anda kenal. Namun, sebagian orang masih belum mengerti apa itu kode referral sebenarnya. Jadi, kali ini, mari kita lihat lebih dekat apa arti kode referral dan cara kerjanya.

Kode referral merupakan salah satu strategi pemasaran perusahaan. Kode ini dibuat untuk mempromosikan produk atau layanan. Ingin tahu lebih banyak tentang cara mendapatkannya? Simak ulasan berikut.

Apa itu Kode Referral?

Kode rujukan adalah kumpulan angka, huruf, simbol, atau kombinasi dari ketiganya yang digunakan untuk mengundang orang membeli produk atau bergabung menjadi anggota di platform.

Biasanya, ketika orang lain menggunakan kode referral Anda, Anda akan menerima diskon produk, cashback, dan banyak lagi.

Selain kumpulan kode unik, kode referral juga bisa berupa link. Tautan ini membawa Anda langsung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mendaftar akun atau mengunduh aplikasi.

Penting untuk dipahami bahwa kode referral berbeda dari kode voucher. Ya. Banyak orang berpikir bahwa keduanya adalah hal yang sama, tetapi sebenarnya tidak.

Kode promo dibuat langsung oleh perusahaan untuk meningkatkan transaksi penjualan. Kode Referral adalah kode unik yang dibuat oleh perusahaan untuk dibagikan kepada pengguna untuk promosi dari mulut ke mulut.

Selain itu, perbedaan lain dapat dilihat dari waktu ke waktu. Kode voucher biasanya berlaku dan hanya dapat digunakan satu kali. Kode referral, di sisi lain, cenderung terus menerus dan tidak memiliki masa aktif.

Fungsi Kode Referral

Seperti disebutkan sebelumnya, kode referral adalah strategi pemasaran perusahaan untuk mempromosikan produk mereka. Beberapa fitur kode referral antara lain:

1. Dapatkan Lebih Banyak konsumen

Fungsi dari kode referral adalah untuk menarik lebih banyak pelanggan baru. Jika produk yang dijual lebih tinggi, perusahaan juga memiliki peluang untuk mendapatkan lebih banyak konsumen. Hal ini dapat semakin meningkatkan peluang bisnis Anda.

2. Membangun Loyalitas Pelanggan

Tentunya bisnis Anda ingin memiliki pelanggan yang loyal bukan? Jadi kode referral adalah salah satu strategi. Anda dapat membagikan kode Anda kepada pelanggan sebagai tanda penghargaan atas loyalitas belanja Anda.

Misalnya, Anda dapat menawarkan program loyalitas dengan berbagai manfaat. Namun, Anda harus menjaga kualitas produk dan layanan pelanggan agar pelanggan dapat terus menggunakan layanan atau produk Anda.

3. Sebagai Strategi Pemasaran

Kode referral adalah salah satu upaya yang umum digunakan sebagai strategi pemasaran, terutama di dunia e-commerce, layanan keuangan atau pasar. Biasanya, perusahaan menawarkan keuntungan seperti potongan harga, pengiriman gratis dan cashback untuk menarik lebih banyak orang untuk berdagang.

4. Menghasilkan Konten Promosi yang Beragam

Selain itu, fungsi dari kode referral adalah untuk menghasilkan berbagai konten promosi. Orang yang ingin mendapat manfaat dari kode rujukan perlu membuat konten promosi yang menarik.

Itu sebabnya Anda akan sering melihat konten influencer yang mempromosikan produk Anda melalui YouTube, Reel Instagram, blog, TikTok, dan banyak lagi.

Semakin banyak konten promosi yang dihasilkan, perusahaan akan semakin menghemat anggaran promosinya.

Cara Kerja kode Referral

Cara kerja kode referral sangat sederhana. Berikut penjelasan dari code set hingga monetisasi.

1. Menetapkan Kode Referral

Cara kerja kode referral yang pertama adalah pemberian kode. Biasanya, kode ini secara otomatis didistribusikan ke setiap pengguna aplikasi atau anggota program tertentu. Kode referral yang dikeluarkan berbeda-beda untuk setiap pengguna. Beberapa aplikasi menyediakan kemampuan untuk menyesuaikan kode sesuai keinginan Anda.

2. Bagikan Kode Referral

Setelah Anda menerima kode referral Anda, Anda dapat menyebarkannya kepada siapa saja melalui media sosial, situs web, dari mulut ke mulut, dll. Kode dapat digunakan oleh siapa saja kecuali pengguna yang sebelumnya mendaftar dengan akun yang sama.

3. Redeem Kode Referral

Setelah pengguna lain menukarkan kode, sistem mendeteksi dan mengumpulkan data. Penyedia kode rujukan memeriksa penggunaan kumulatif kode rujukan.

4. Komisi Pendapatan

Setelah verifikasi, sistem akan memberikan penghargaan kepada pemegang kode sesuai kebijakan. Imbalan yang diperoleh biasanya dalam bentuk komisi moneter, promosi diskon, poin, dll.

Cara Mendapatkan Kode Referral

Setelah memahami apa itu kode referral, manfaatnya dan cara kerjanya, bagaimana cara mendapatkan kode referral? Pada dasarnya, cara Anda mendapatkan kode Referralbervariasi dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Namun secara umum langkah-langkahnya adalah:

  • Masuk ke aplikasi.
  • Masuk ke profil akun Anda.
  • Cari opsi menu Kode Referral.
  • Setelah kode referral muncul, Anda bisa melakukan kustomisasi sesuai keinginan.
  • Setelah itu, salin kode referral tersebut.
  • Bagikan kode referral atau link referral ke media sosial Anda.

Beberapa aplikasi memungkinkan Anda membagikan rekomendasi secara langsung melalui tautan. Metodenya sama. Buka bagian profil akun Anda dan cari opsi “Undang teman untuk bergabung”. Setelah itu, Anda dapat membagikannya langsung ke teman-teman Anda.

Itulah pembahasan mengenai kode referral yang perlu anda ketahui. Sekarang, apakah Anda mengerti? Kode Referral adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *