Luis de La Fuente Resmi Menjadi Pelatih Spanyol

Luis de La Fuente Resmi Menjadi Pelatih Spanyol

Luis de La Fuente resmi menjadi pelatih timnas Spanyol menggantikan Luis Enrique yang telah dipecat setelah gagal di Piala Dunia 2022.
“RFEF mempercayai Luis de la Fuente sebagai pelatih timnas [Spanyol] yang baru,” tulis RFEF dalam rilisnya, Kamis (8/12).

De La Fuente tak asing dengan La Furia Roja. Sudah sembilan tahun pelatih 61 tahun ini jadi orang kepercayaan RFEF.

Mantan pemain Sevilla pada 1987-1991 ini ditunjuk sebagai pelatih Spanyol U-19 pada 5 Mei 2013. Sebelumnya De La Fuente menangani klub kasta kedua Liga Spanyol, Deportivo Alaves.

Pada 2015, De La Fuente mempersembahkan gelar juara Piala Eropa di Yunani. Saat itu beberapa pemain yang ditangani De La Fuente adalah Marco Asensio, Borja Mayoral, dan Rodri.

Setelah hampir lima tahun menangani Spanyol U-19, ia promosi menjadi pelatih Spanyol U-21 sejak Juli 2018. Ajang pertama yang diikutinya adalah Piala Eropa U-21 2019 di Italia.

De La Fuente kembali menunjukkan kematangan taktiknya. Ia membawa Spanyol U-21 menembus babak final, tetapi kemudian kalah 1-2 dari Jerman di partai final.

Beberapa pemain yang ditanganinya adalah Dani Olmo, Mikel Oyarzabal, dan Dani Ceballos. Ini pencapaian istimewa sebab Spanyol bukan tim unggulan, seperti Jerman dan Prancis.

Kemudian pada 2021 De La Fuente naik menjadi pelatih Spanyol U-23 yang akan tampil di Olimpiade Tokyo 2020 (2021). Dalam pesta olahraga ini Spanyol meraih medali perak.

Perjalanannya yang hampir sembilan tahun bersama Spanyol dianggap paling pas menggantikan Enrique. Apalagi sebagian besar pemain Spanyol saat ini adalah mantan anak didiknya.

Baca Juga :   Mesut Ozil Bawa Angin Segar untuk Kolaborasi dengan Bintang Dunia