Mengetahui Apa Itu Hidup Hemat, dan Gaya Hidup Hemat Serta Tipsnya

Mengetahui Apa Itu Hidup Hemat, dan Gaya Hidup Hemat Serta Tipsnya

WACANADAILY.com – Pernahkah Anda mendengar tentang hidup hemat? Jadi, hidup hemat adalah gaya hidup hemat yang dilandasi oleh kesadaran akan pengeluaran dan kemampuan untuk mengendalikan pengeluaran tersebut.

Apalagi di masa pandemi seperti ini, karena banyak orang yang berjuang secara finansial, gaya hidup hemat dianggap tepat, membutuhkan cara baru dalam mengelola anggaran.

Nah, sebenarnya apa sih hidup hemat itu? Dan bagaimana seharusnya kita menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari? Populix merangkum di bawah ini. Lihat!

Apa itu Hidup Hemat?

Gaya hidup hemat adalah gaya hidup hemat yang memungkinkan individu untuk memiliki kendali penuh atas pengeluaran mereka dan mengarahkan pembelian mereka berdasarkan prioritas mereka.

Gaya hidup hemat sangat dibutuhkan, terutama di masa pandemi, ketika sebagian orang kehilangan sumber pendapatan. Dengan menabung, kita bisa lebih mengatur keuangan kita untuk mempersiapkan dana darurat dan tabungan masa depan.

Apakah Hidup Hemat Sama dengan Pelit?

Apakah hidup hemat sama dengan pelit? Beberapa dari Anda mungkin baru pertama kali mendengar pertanyaan ini. Namun, gaya hidup hemat jelas berbeda dengan gaya hidup hemat.

Hidup hemat adalah ketika Anda dapat mengklasifikasikan kegiatan mana yang layak mendapat lebih banyak pos anggaran dan mana yang tidak. Di sisi lain, kikir dikaitkan dengan upaya memangkas pengeluaran, betapapun pentingnya.

Popularitas Hidup Hemat

Ada banyak tokoh masyarakat yang mempraktekkan hidup hemat ini. Di antaranya adalah Raditya Dika, seorang YouTuber dan stand-up comedian. Ia membagikan pandangannya tentang gaya hidup sederhana melalui video bertema minimalis.

Selain itu, ada banyak tokoh masyarakat yang hidup hemat, seperti Warren Buffett, bapak saham global, Leonardo DiCaprio, Lady Gaga, dan Cinta Laura.

Manfaat Hidup Hemat

Untuk memotivasi Anda menerapkan gaya hidup hemat, Anda mungkin melihat serangkaian manfaat:

1. Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Nah, jika Anda menjalani gaya hidup hemat, konsumsi komoditas Anda akan berkurang. Dengan kata lain, menjaga kelestarian ekosistem di sekitarnya.

2. Mencapai Tujuan Keuangan Tertentu

Jika Anda bermimpi memiliki rumah atau membayar pensiun di hari tua, gaya hidup hemat ini akan membantu mewujudkannya.

3. Meningkatkan Pengendalian Diri

Anda dapat meningkatkan pengendalian diri secara tidak langsung dengan membentuk perilaku disiplin dengan sering melatih diri sendiri untuk mengekang keinginan dan memprioritaskannya.

Ciri-ciri Hidup Hemat

Setelah mengetahui apa itu hidup hemat, yuk simak ciri-ciri hidup hemat yang perlu kamu ketahui.

1. Kenali Nilai Uang

Mereka yang menjalani hidup hemat menghargai uang dan membelanjakannya sesuai dengan namanya. Hal ini dapat dipahami sebagai upaya untuk mengenali dan menghargai nilai uang agar tidak menyia-nyiakannya.

2. Dapat Membedakan Kebutuhan dan Keinginan

Salah satu hal penting dalam penerapan hidup hemat adalah bagaimana seseorang menahan keinginannya dan mendahulukan kebutuhannya. Hal inilah yang menjadi dasar utama untuk menerapkan gaya hidup hemat dalam kehidupan.

3. Tidak Terpengaruh oleh Tren

Menjalani gaya hidup hemat dalam masyarakat di mana konsumerisme merajalela bisa sangat sulit karena Anda bisa berada di belakang tren. Jika Anda mencoba menghemat uang dan mengatur pengeluaran Anda, salah satu tantangan terbesar adalah menghentikan Anda mengikuti tren konsumerisme.

Cara Hidup Hemat

Lantas, bagaimana seharusnya hidup hemat diterapkan?

1. Pengaturan Prioritas

Tetapkan skala prioritas. Anda harus bisa memilah dan memilih mana yang harus diprioritaskan dan mana yang tidak. Anda ditantang untuk bisa memisahkan kebutuhan dan keinginan.

2. Tulis Posting Anggaran

Selanjutnya, buat item anggaran. Dengan membuat item budget, Anda bisa menghindari pembelanjaan impulsif seperti tergiur promosi dan penawaran harga di mall. Setelah Anda membuat item anggaran, Anda harus mencocokkan komitmen itu.

3. Keseimbangan Antara Tabungan dan Konsumsi

Saat Anda ingin melakukan pembelian, buat beberapa kondisi, seperti mengurangi biaya hiburan atau membeli barang konsumsi lainnya, untuk memaksa Anda mempertimbangkan kembali keputusan pembelian Anda.

4. Penggunaan Promosi

Jika Anda ingin hidup hemat, sebaiknya Anda juga berbelanja saat barang yang ingin Anda beli sedang diskon. Manfaatkan promosi dan diskon lainnya di pusat perbelanjaan.

5. Memaksimalkan Barang Bekas

Anda dapat menghemat uang dengan mencari barang bekas di toko barang bekas terdekat. Tapi jangan tergila-gila dengan membeli banyak hanya karena murah.

Selain membeli barang bekas, kamu juga bisa menghasilkan uang dengan menjual barang bekas milikmu sendiri. Barang-barang ini bisa dijual di pasaran, jadi tidak perlu repot mencari pembeli. semoga berhasil!

Tips Hidup Hemat

Nah, itulah beberapa tips hidup hemat yang bisa kamu terapkan.

1. Manajemen Keuangan yang Dinamis

Satu hal yang perlu diperhatikan saat mencoba berhemat adalah Anda harus beradaptasi dengan segala perubahan, terutama di masa pandemi. Ini juga berarti bahwa Anda harus bersiap untuk mengurangi intensitas aktivitas santai seperti berjalan kaki atau menonton film.

2. Menahan Diri

Pengendalian diri diperlukan dalam berbagai aspek kehidupan, terutama dalam mengelola keuangan. Pengendalian diri sangat penting ketika menjalani hidup hemat, karena perencanaan saja tidak cukup. Kita harus bisa mengendalikan diri agar tidak membeli barang yang tidak perlu.

3. Beli Produk yang Berkualitas dan Tahan Lama

Tip gaya hidup hemat berikutnya adalah membeli barang-barang berkualitas dan tahan lama. Gaya hidup hemat bukan berarti seseorang tidak membeli barang-barang mahal. Tapi fokus utamanya adalah seberapa berguna dan tahan lama item tersebut, jadi saya tidak membelinya berkali-kali.

Itu tadi penjelasan tentang arti dan tips hidup hemat. Setelah mengetahui manfaat hidup hemat untuk mengatur keuangan Anda, apakah Anda mau mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *