Pengertian Customer Engagement dan Cara Membangunnya

Pengertian Customer Engagement dan Cara Membangunnya

WACANADAILY.com – Hal ini penting karena teknologi ini memudahkan terciptanya loyalitas dan engagement konsumen. Untuk alasan ini, memahami Customer Engagement adalah poin kunci bagi para pebisnis.

Jadi, cobalah strategi bisnis ini untuk mendapatkan pembelian berulang, keuntungan basis pelanggan, loyalitas pelanggan, dan duta pelanggan secara gratis. Untuk lebih jelasnya, langsung simak penjelasannya di artikel selanjutnya!

Apa itu Customer Engagement?

Customer Engagement adalah bagian penting dalam menjalankan bisnis. Secara umum, customer engagement adalah hubungan dalam bentuk komunikasi atau interaksi antara perusahaan dengan konsumen. Interaksi ini dapat dijalin melalui berbagai metode dan media.

Customer Engagement dapat terjadi ketika ada interaksi, reaksi, pengalaman, atau pengaruh yang dirasakan konsumen secara keseluruhan atas suatu produk atau jasa yang dikonsumsi atau digunakan.

Proses engagement antara pelaku bisnis dan konsumen ini merupakan bagian dari kegiatan pemasaran yang dapat dilakukan baik secara offline maupun online. Saat offline, misalnya saat bertransaksi di toko, konsumen dan perusahaan berkomunikasi secara langsung.

Sementara itu, secara online, perusahaan semakin banyak menggunakan platform media sosial untuk memasarkan barang atau jasa yang mereka jual agar semakin menjangkau target konsumennya secara lebih luas.

Bagaimana Mengukur Customer Engagement

Mengukur Customer Engagement secara offline bisa lebih sulit untuk diukur atau dievaluasi karena reaksi konsumen tidak diketahui secara langsung.

Namun, ketika Customer Engagement dilakukan secara online, lebih mudah untuk menganalisis respons pelanggan potensial melalui informasi yang tertulis di web bisnis atau media sosial.

Misalnya, buat akun Instagram untuk bisnis kamu. Selama bulan menjalankan akun Instagram saya, saya secara teratur memposting 10 konten yang terkait dengan mempromosikan produk bisnis. Menariknya, konten kamu telah dilihat oleh 1.200 orang.

Nah, ternyata konten tersebut menghasilkan respon seperti di bawah ini.

  • 30 komentar
  • Konten dibagikan atau dibagikan 6 kali
  • 300 suka

Berdasarkan analisis di atas, terlihat bahwa terdapat total 336 tanggapan.

Kemudian untuk mendapatkan tingkat Engagement konsumen selama satu bulan posting, kamu dapat menggunakan rumus berikut:

Total respons aktivitas (Engagement): Total penonton x 100%

(336 : 1200) x 100% = 28%

Kesimpulannya, customer engagement melalui media sosial adalah 28%. Kamu kemudian dapat melihat pertumbuhan dalam Customer Engagement bisnis online berdasarkan perhitungan itu.

Cara Meningkatkan Customer Engagement

Contoh Customer Engagement tidak terhitung jumlahnya. Karena itu tergantung kreativitas dan tujuan bisnis kamu. Dengan kata lain, kamu memiliki kebebasan untuk memutuskan bagaimana kamu ingin membangun untuk melibatkan pelanggan bisnis kamu.

Berikut adalah beberapa ide dan contoh yang paling sering digunakan untuk membangun Customer Engagement:

  • Temukan cara baru dan unik untuk melibatkan audiens target kamu melalui media sosial.
  • Kemudian, cara kedua untuk meningkatkan customer engagement adalah dengan membuat konten kamu semenarik mungkin agar calon konsumen tertarik untuk membeli produk kamu.
  • Terus mengelola posting konten di media sosial.
  • Jika perlu, kamu bisa membuat website resmi untuk menjual dan memasarkan produk bisnis kamu.
  • Juga, penting untuk membangun Customer Engagement secara aktif menyambut pelanggan melalui email.
  • Kirim ucapan selamat kepada pelanggan setia kamu pada acara-acara khusus seperti ulang tahun.
  • Selalu memberikan sikap yang tanggap terhadap masukan atau tanggapan konsumen.
  • Kami berusaha memberikan pelayanan dan pengalaman terbaik kepada seluruh konsumen.
  • Menjaga hubungan baik dengan konsumen untuk meningkatkan loyalitas terhadap produk bisnis kamu.
  • Cara terakhir untuk meningkatkan customer engagement adalah dengan menawarkan berbagai penawaran atau promosi yang menarik, khusus, atau promosi yang membidik konsumen, sehingga mereka dapat menjadi lebih loyal terhadap produk kamu dan menarik lebih banyak pelanggan baru.

10 metode yang disebutkan di atas memudahkan untuk membangun Engagement konsumen dan pelanggan.

Ini adalah penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan Customer Engagement. Jadi, selain menarik pembeli baru, dapat dipahami bahwa mempertahankan pelanggan yang sudah ada juga penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *