Bisnis  

User Persona Adalah: Pengertian, Tujuan dan Cara Membangun

User Persona Adalah: Pengertian, Tujuan dan Cara Membangun

Tidak hanya pembuat konten, tetapi juga desainer UI/UX dapat membuat karakter virtual. Ini disebut User Persona. Apa itu User Persona? User Persona adalah alat yang membantu desainer lebih memahami penggunanya.

Desainer UI/UX dapat menggunakan pengguna individu untuk mendapatkan pandangan yang lebih dalam tentang pengguna mereka, memungkinkan mereka untuk merancang situs web sesuai dengan kebutuhan mereka. Jadi, apa itu User Persona dan bagaimana Anda membuatnya? melihat kamu disini

Apa itu User Persona?

Konsep User Persona, seperti dilansir Lama Career Foundry, mengacu pada orang fiktif yang mewakili audiens atau pengguna target produk. Anda bisa membuatnya sendiri setelah melalui proses analisis yang mendalam.

Kemudian dalam proses analisis, diperlukan pengumpulan data seperti jenis kelamin, pekerjaan, dan motif. Hal ini dikarenakan Anda perlu mengetahui terlebih dahulu untuk siapa produk ini akan dibuat.

Seperti yang juga dijelaskan oleh blog Adobe, karakter fiktif ini nantinya mewakili semua kebutuhan pengguna produk dan karenanya membutuhkan penjelasan khusus. Proses pembuatan User Persona adalah tahap kedua dari design thinking, tahap pendefinisian.

Dengan kata lain, setelah seorang desainer melakukan penelitian pada tahap pertama design thinking, empati, penemuan data tersebut melalui proses pengolahan ide seperti brainstorming, atau proses memprediksi kemungkinan terburuk pada tahap selanjutnya yaitu tahap definisi. Itu mungkin.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa User Persona adalah karakter fiksi yang mewakili keinginan dan kebutuhan pengguna terhadap produk.

Itu diselesaikan melalui analisis mendalam, wawancara, dan brainstorming. Dimana kehadirannya dapat membantu tim desain UI/UX meningkatkan penjualan produk di marketplace.

Menurut Josh Seiden, klasifikasi tipe User Persona adalah sebagai berikut:

  • Persona marketing adalah alat yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui apa yang diinginkan, dibutuhkan, dan memotivasi mereka untuk menggunakan produk Anda.
  • Persona interaktif, yaitu tipe User Persona yang terkait dengan perilaku pengguna yang menggunakan produk

Peran Penting User Persona dalam Bisnis

Memiliki pemahaman mendalam tentang audiens target Anda sangat penting untuk menciptakan produk yang laku di pasar.

Manfaat User Persona adalah membantu tim produk menjawab salah satu pertanyaan terpenting: Untuk siapa desain produk ini?

Di sisi lain, memahami apa yang dibutuhkan dan apa motif dari target pengguna akan memudahkan pelaku usaha untuk merancang produk yang benar-benar memenuhi kebutuhan pelanggannya. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang manfaat User Persona:

  • Pemahaman mendalam tentang siapa pengguna produk Anda.
  • Percakapan dan pertemuan bisnis akan lebih efektif dan fokus.
  • Pelaku usaha sudah mengetahui kebutuhan dan tujuan penggunanya, membuat keputusan lebih fokus dan jelas.
  • Kami sangat memahami perilaku dan kebutuhan pelanggan kami.
  • Tim desain dan manajer proyek dapat menciptakan produk atau layanan yang lebih baik.

Cara membuat User Persona yang Baik

Berikut penjelasan lengkap cara membuat user persona:

1. Pengumpulan Data

Langkah pertama yang perlu Anda ambil saat membuat User Persona adalah melakukan riset untuk menemukan informasi tentang pengguna produk Anda. Caranya adalah dengan menggunakan pengambilan data melalui daftar pengguna dan kemudian mendapatkan beberapa sampel. Hanya dengan begitu Anda dapat mulai membuat User Persona.

2. Perjelas Persona

Cara menciptakan User Persona yang baik adalah dengan mendeskripsikan pengguna produk Anda secara detail: profil, keinginan, motif, keterampilan, hobi, dan karakter persona mereka yang realistis.

3. Persiapan Skenario untuk Persona

Bahkan dalam proses pembuatan User Persona, Anda perlu mempersiapkan berbagai skenario untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin muncul di kemudian hari. Dimulai dengan gambaran kasar User Persona, hingga permasalahan yang nantinya ada pada produk.

4. Penyesuaian

Cara terakhir untuk membuat User Persona adalah memperbarui atau menyesuaikannya secara teratur dengan memodifikasi deskripsi persona, seperti menambahkan informasi atau aspek baru ke dalamnya.

5. Pembentukan Hipotesis

Langkah selanjutnya dalam menciptakan daya tarik pengguna adalah membuat hipotesis dari hasil penelitian sebelumnya. Nantinya, Anda harus membentuk gambaran umum tentang berbagai pengguna dalam fokus area proyek Anda. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan diagram afinitas.

6. Tetapkan Jumlahnya

Bahkan, Anda dapat membuat beberapa User Persona sekaligus yang sangat mendekati harapan audiens target Anda. Namun, kebanyakan orang biasanya hanya menetapkan satu individu untuk setiap layanan atau produk.

Sementara itu, jika Anda ingin membuat beberapa persona sekaligus, jangan lupa untuk fokus pada persona yang paling mendekati harapan Anda yang paling valid.

Contoh User Persona

Berikut adalah contoh User Persona untuk asisten yang bekerja di sektor industri besar.

  • Siapa mereka? Asisten administrasi yang bekerja di sektor industri besar.
  • Apa tujuan utama mereka? Buat dokumen Word dari file PDF asli yang hilang atau file yang dicetak.
  • Apa kendala yang ada dalam mencapai tujuan tersebut? Mengonversi dokumen cetak dan PDF ke Word untuk pengeditan penuh sangat sulit tanpa pengenalan karakter optik atau OCR. Pada akhirnya sebagian besar harus dilakukan secara manual dan tentunya memakan waktu lebih lama.

Itulah penjelasan dan pengertian tentang User Persona. Jika Anda ingin membuat desain produk yang menarik, Anda harus terlebih dahulu membangun User Persona yang baik yang sesuai dengan minat dan kebutuhan pengguna Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *